ULYA, LULU KHANIFATUL (2021) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA TRIGGER POWERPOINT GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI KETANGGAN 02 KABUPATEN BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI-LULU KHANIFATUL ULYA-17120290.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
LULU KHANIFATUL ULYA. NPM 17120290 “Keefektifan Pembelajaran
Menggunakan Media Trigger Powerpoint Guna Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Kabupaten Batang”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa
yang rendah, yakni dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan siswa
merasa kesulitan memahami materi pembelajaran dalam mengikuti kegiatan
belajar terutama mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan keliling dan
luas bangun datar, serta guru belum menggunakan mediayang praktus dan efektif
sehingga siswa kurang antusias dan kurang semangat dalam mengikuti
pembelajaran di kelas.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran
menggunakan media trigger powerpoint efektif guna meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas IV SD Negeri Ketanggan 02 Kabupaten Batang?
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mendapatkan
keefektifan
Pembelajaran
menggunakan Media Trigger Powerpoint guna meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas IV SD Negeri Ketanggan 02 Kabupaten Batang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian one group pretest posttest desain.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ketanggan 02
Kabupaten Batang. Sampel yang diambil 19 siswa kelas IV dengan menggunakan
teknik sampling sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes,
dokumentasi, dan observasi.
Berdasarkan analisis hasil penelitian, hasil uji ketuntasan belajar
menunjukkan bahwa hasil belajar matematika menggunakan media trigger
powerpoint mencapai persentase klasikal sebesar 89%. Nilai posttest 79,47 dan
KKM 70, diperoleh t hitung 11,01 dengan n = 19, dan t tabel 1,729. Sehingga hasil
perhitungan diketahui 11,01>1,729. Berdasarkan kriteria pengujian apabila
diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,01 > 1,729 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan pembelajaran menggunakan media trigger powerpoint efektif
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Ketanggan 02
Kabupaten Batang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang peneliti sampaikan yaitu agar
media trigger powerpoint menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam
menggunakan media pembelajaran di dalam kelas agar pembelajaran lebih aktif
dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 08:08 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 08:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6402 |