PENGARUH MAJALAH DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS V SDN PUNCEL 03 DUKUHSETI PATI

PURYANI A, ENDANG (2021) PENGARUH MAJALAH DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS V SDN PUNCEL 03 DUKUHSETI PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ENDANG PURYANI.pdf] Text
ENDANG PURYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ENDANG PURYANI ANGGRAENI. NPM 14120460.“ Pengaruh Majalah Digital
Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas SD N Puncel 03 Kec Dukuhseti Kab Pati
Tahun 2021” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Henry Januar Saputra, S.Pd,
M.Pd. Pembimbing II Ari Widyaningrum , S.Pd,M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya variasi media
pembelajaran yang dilakukan guru selama pembelajaran. Guru kurang memanfaatkan
teknologi yang ada sehingga pembelajaran kurang menyenangkan dan menyebabkan
siswa kurang paham serta hasil belajar siswa rendah. Pembelajaran lebih banyak teori
daripada praktek.
Permasalahan pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh Majalah
Digital terhadap hasil belajar belajar Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita), Subtema 1
siswa kelas V SDN Puncel 03 Dukuhseti Pati ?. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Majalah Digital
Terhadap Hasil Belajr Siswa Kelas V SDN Puncel 03 Dukuhseti Pati.
Jenis penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan menggunakan desain
penelitian Pre-Experimental yaitu One Group Pretest Posttet Design. Sampel yang
diambil adalah 15 siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
tes,wawancara dan dokumentasi..
Hasil analisis data setelah dilakukan hipotesis dengan analisis hasil belajar
siswadiperoleh nilai rata-rata pretest 60 dan nilai rata-rata posttest 80,3. Hal ini
dibuktikan dengan perhitungan t dengan db = N-1 = 15 – 1 = 14, dan taraf signifikan
0,05 sebesar 1,807. Karena t hitung > t tabel yaitu 10,159 > 1,807, maka H0 ditolak
dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media
majalah digital terhadap hasil belajar siswa kelas V SD N Puncel 03 Pati Tahun 2021.
Berdasarkan hasil penelitian,saran yang dapat disampaikan adalah supaya
media majalah digital dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam
mengajar. Sehingga media majalah digital dapat terus dikembangkan dengan
memanfaatkan teknologi lainnya untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan
mengikuti perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:02
Last Modified: 23 Oct 2024 08:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6400

Actions (login required)

View Item
View Item