HIKHMAH, IKA NURUL (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA KERTAS LIPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI TOMBO 02 BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI-IKA NURUL HIKHMAH-16120466-PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
IKA NURUL HIKHMAH. 16120466: “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay
Two Stray Berbantu Media Kertas Lipat terhadap Hasil Belajar Penjumlahan dan
Pengurangan Pecahan Kelas V SD NEGERI TOMBO 02 BATANG”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pembelajaran Two Stay Two
Stray berbantu media kertas lipat terhadap hasil belajar materi penjumlahan dan
pengurangan pecahan kelas V SD Negeri Tombo 02 Batang. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa
observasi, wawancara, tes. Utuk menguji hipotesis yaitu terdapat pengaruh atau
tidak peneliti menggunakan uji normalitas awal dan uji normalitas akhir. Hasil
dari uji normalitas awal yaitu Litung < Ltabel yaitu 0,114< 0,161 maka Ho diterima
dan hasil dari uji normalitas akhir Lhitung<Ltabel yaitu 0,142 < 0,161 maka H0
diterima maka kedua data nilai pretest dan posttest siswa berasal dari populasi
yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji banding kemampuan masalah
materi
penjumlahan
dan
pengurangan
pecahan
yaitu
97,971>2,060 maka H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan
bahwa kemampuan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan yang
menggunakan model Two Stay Two Stray berbantu media kertas lipat lebih baik
dari kemampuan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan sebelum
menggunakan model Two Stay Two Stray berbantu media kertas lipat.
Kata kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray: Penjumlahan dan
Pengurangan pecahan: kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:57 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6390 |