IMPLEMENTASI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN BANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA N 3 PATI

NISA, KHOIRU (2021) IMPLEMENTASI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN BANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA N 3 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KHOIRU NISA.pdf] Text
KHOIRU NISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) yang
dibantu dengan bantuan berbentuk video kontektual untuk meningkatkan kemampuan
komunikasi ilmiah pada materi gerak melingkar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pre experimental design, dengan bentuk “One Group Pre Test Post Test Design.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Pati dengan teknik pengambilan sampel secara
simple random sampling dan didapatkan siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen tanpa
kelas pembanding. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes komunikasi
ilmiah dan observasi komunikasi ilmiah. Sesuai hasil penelitian, pada aspek komunikasi
ilmiah rata-rata hasil observasi kelas eksperimen adalah 83. Pada aspek pengetahuan, rata-rata
nilai komunikasi ilmiah pretest kelas eksperimen adalah 58 dan rata-rata nilai posttest kelas
eksperimen adalah 81. Berdasarkan hasil analisis data akhir, hasil uji N-Gain kelas
eksperimen adalah 0,55. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TTW berbantuan
video kontekstual berpengaruh terhadap komunikasi ilmiah siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran Think, Talk, Write, Penguasaan Konsep, Komunikasi Ilmiah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:55
Last Modified: 23 Oct 2024 07:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6387

Actions (login required)

View Item
View Item