PENGARUH WORD OF MOUTH, BRAND IMAGE DAN SELEBGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE DI TOKO KOSMETIK GALAKSI BLORA

Wibowo, Elok Kustianti (2021) PENGARUH WORD OF MOUTH, BRAND IMAGE DAN SELEBGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE DI TOKO KOSMETIK GALAKSI BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Elok Kustianti Wibowo.pdf] Text
Elok Kustianti Wibowo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Word of mouth, Brand
image dan Selebgram terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline di Toko
Kosemetik Galaxy Blora. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan Toko
Kosemetik Galaxy Blora, dengan total responden 96 orang. Proses pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan online survey.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Word of mouth mempunyai
pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan
bahwa semakin sering perusahaan menggunakan komunikasi word of mouth, maka
semakin tinggi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Hal ini didukung
penelitian-penelitian yang dilakukan oleh Ulza, dkk (2019); Aprianto (2016) yang
menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan
pembelian.
Brand image mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan
pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik citra merek bagi konsumen,
semakin besar keputusan pembelian. Hal ini didukung penelitian-penelitian yang
dilakukan oleh Muharam dan Soliha (2017); Fatmawati dan Soliha (2017)
mengungkapkan citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Selebgram mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan
pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pengujian jauh di bawah
0,05. Selebgram dapat dijadikan sebagai daya tarik tersendiri bagi konsumen dalam
menarik minat pembelian karena konsumen akan tertarik dengan seorang
selebgram yang sesuai dalam membawakan produk pada media sosial Instagram.
Selebgram yang banyak followers nya akan menghasilkan hasil akhir yang dapat
mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini didukung penelitian-penelitian yang
dilakukan olehAzizah dan Hadi (2017); Kristanto, dkk (2017) membuktikan bahwa
selebgram berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
Kata kunci : Word of mouth, Brand image, Selebgram dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:50
Last Modified: 23 Oct 2024 07:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item
View Item