PEBRIYANTI, ELIZA (2021) KEEFEKTIFAN METODE THINK TALK WRITE BERBASIS E- LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 BANJARHARJO BREBES TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ELIZA PEBRIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Eliza Pebriyanti. NPM 17410095. ―Keefektifan Metode Think Talk Write
Berbasis E-learning Berbantuan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran
Keterampilan Menulis Teks Biografi Pada Peserta Didik Kelas X SMA N 1
Banjarharjo Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021‖. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni. Pembimbing I Drs. Siswanto PHM, M.Pd., dan pembimbing II
Siti Ulfiyani, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penyesuaian dalam pembelajaran
yang dilakukan secara daring akibat penyebaran virus Covid-19. Melihat kondisi
itu, perlu upaya mengefektifkan pembelajaran oleh pendidik, salah satunya
dengan penggunaan metode pembelajaran dan aplikasi pendukung yang sesuai.
Termasuk dalam pembelajaran keterampilan menulis teks biografi pada peserta
didik kelas X SMA N 1 Banjarharo Brebes tahun pelajaran 2020/2021. Metode
dan aplikasi yang digunakan harus menyesuaikan kebutuhan dan tujuan belajar
peserta didik yakni mampu mempergunakan metode dan aplikasi pendukung
dengan baik.Metode dan aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode Think Talk Write dan aplikasi Google Classroom.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagiamanakah keefektifan
metode think talk write berbasis e-learning berbantuan aplikasi google classroom
dalam pembelajaran keterempilan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X
SMA N 1 Banjarharjo Brebes tahun pelajaran 2020/2021?. Adapun tujuan dari
penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan metode Think Talk Write
berbasis e-learningberbantuan aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan
pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA N 1
Banjarharjo Brebes tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian true experimental yang berfokus pada
posstest only control design dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random
sampling dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X SMA N 1
Banjarharjo, sedangkan sampelnyaadalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X
MIPA 2. Teknik pengambilan data penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes.
Berdasarkan analisis data, dapat dilihat dari pemerolehan hasil analisis uji
t, yaitu terlihat thitung adalah sebesar 2,984 yang ternyata lebih besar dari ttabel taraf
signifikan 1% pada dk = 29 yaitu sebesar 2,75. Dengan demikian hipotesis (Ha)
yang diajukan diterima. Hal ini berarti bahwa metode Think Talk Write berbasis e-
learning berbantuan aplikasi Google Classroom efektif dalam pembelajaran
keterampilan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA N 1
Banjarharjo Brebes tahun pelajaran 2020/2021.
Saran yang penulis sampaikan kepada pendidik dalam melaksanakan
pembelajaran daring hendaknya pendidik perlu memilih metode yang tepat untuk
di apalikasikan sesuai dengan materi dan tingkat kemampuan peserta didik.
Kata Kunci: Keefektifan, Think Talk Write, Menulis, Teks Biografi, E-learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:43 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6376 |