PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MELALUI APLIKASI MICROSOFT TEAMS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 P

WARDANI, FARA DIANTI AYU (2021) PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MELALUI APLIKASI MICROSOFT TEAMS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 P. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi-Fara Dianti Ayu Wardani-17410169.pdf] Text
Skripsi-Fara Dianti Ayu Wardani-17410169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of Skripsi-Fara Dianti Ayu Wardani-17410169.pdf] Text
Skripsi-Fara Dianti Ayu Wardani-17410169.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya antusias peserta didik dalam
pembelajaran menulis puisi, selain itu peserta didik juga kesulitan dalam
menuangkan ide dalam bentuk puisi. Melihat permasalahan tersebut maka
ditawarkan penerapan model pembelajaran yang dinilai mampu menjawab
permasalahan, model yang diterapkan adalah model experiential learning.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskrispikan penerapan model
experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi melalui Microsoft Teams
pada peserta didik kelas X SMA N 2 Pati tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk
mendeskripsikan hasil dari penerapan model experiential learning dalam
pembelajaran menulis puisi melalui Microsoft Teams pada peserta didik kelas X
SMA N 2 Pati tahun pelajaran 2020/2021.
Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan
kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen non tes dan tes.
Instrumen non tes berupa observasi, angket, dan wawancara. Sedangkan,
instrument tes yaitu memberi soal mengenai menulis puisi dengan menggunakan
model experiential learning
Dari analisis akhir dapat disimpulkan bahwa penerapan model experiential
learning dalam pembelajaran menulis puisi melalui
Microsoft Teams
dilaksanakan menggunakan empat tahap yaitu tahap pengalaman nyata, tahap
observasi refleksi, tahap konseptual, dan tahap implementasi. Penerapan model
experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi melalui Microsoft Teams
sudah sangat bagus diterapkan pada pembelajaran menulis puisi pada peserta
didik kelas X SMA N 2 Pati dengan rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 87. Nilai
tertimggi yang diperoleh yaitu 100 dan terendah yaitu 77.
Saran yang hendak disampaikan oleh peneliti yaitu guru dapat menerapkan
model experiential learning pada pembelajaran menulis puisi pada peserta didik
kelas X. Bagi peserta didik yang antusias dengan model pembelajaran experiential
learning maka dapat mendorong dan memotivasi peserta didik dalam menulis
puisi. Bagi peneliti diharapkan dapat dijadikan gambaran unutk mengembangkan
penelitian selanjutnya yang sejenis.
Kata Kunci: penerapan, menulis puisi, model experiential learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:45
Last Modified: 23 Oct 2024 07:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6375

Actions (login required)

View Item
View Item