PENERAPAN MEDIA POSTER DALAM PEMBELAJARAN DARING MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 AMPELGADING PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

LESTARI, ELI PUJI (2021) PENERAPAN MEDIA POSTER DALAM PEMBELAJARAN DARING MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 AMPELGADING PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ELI PUJI LESTARI_17410088_SKRIPSI.pdf] Text
ELI PUJI LESTARI_17410088_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Eli Puji Lestari. NPM 17410088. Penerapan Media Poster dalam
Pembelajaran Daring Menulis Teks Persuasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP
Negeri 2 Ampelgading Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs.
Suyoto, M.Pd. dan Pembimbing II Mukhlis, S.Pd., M.Pd. September 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis teks persuasi di
SMP Negeri 2 Ampelgading Pemalang terdapat faktor kendala saat pembelajaran,
salah satunya yaitu guru dalam mengajar kurang bervariasi, masih menggunakan
metode ceramah yang terkesan monoton.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
media poster dalam pembelajaran daring menulis teks persuasi pada peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading Pemalang tahun pelajaran 2020/2021?
Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media poster
dalam pembelajaran daring menulis teks persuasi tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini berupa deskriptif kualitatif, dengan anggota populasi peserta
didik SMP Negeri 2 Ampelgading berjumlah 252 orang yang terdiri dari 8 kelas.
Sampel diambil menggunakan teknik purposive sample. Data yang dikumpulkan
melalui instrumen tes hasil menulis peserta didik dan nontes berupa observasi dan
angket.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka disimpulkan media poster
dapat diterapkan dalam pembelajaran daring menulis teks persuasi. Sehingga
dengan media poster membuat peserta didik menjadi astusias dan terampil dalam
pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan menulis teks persuasi.
Saran yang dapat penulis sampaikan dalam penelitian ini adalah guru
hendaknya memperhatikan media pembelajaran yang menarik sehingga dalam
proses pembelajaran peserta didik tidak cepat bosan, menyenangkan dan
tercapainya tujuan pembelajaran yang disampaikan. Peserta diidk hendaknya
selalu aktif dan fokus dalam pembelajaran daring yang sedang berlangsung.
Peneliti lain, diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dan melanjutkan agar lebih
sempurna.
Kata kunci: Penerapan, Media Poster, Teks Persuasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:39
Last Modified: 23 Oct 2024 07:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6371

Actions (login required)

View Item
View Item