DESAIN PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MENGGUNAKAN KONTEKS MASJID AGUNG JAWA TENGAH (MAJT)

Fitriyana, EL Vania (2021) DESAIN PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MENGGUNAKAN KONTEKS MASJID AGUNG JAWA TENGAH (MAJT). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of EL VANIA FITRIYANA.pdf] Text
EL VANIA FITRIYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi yang sulit dalam
pembelajaran geometri. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Oleh sebab itu, diperlukan
aktivitas belajar siswa yang menekankan pada pemahaman konsep. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis lintasan belajar yang dapat membantu siswa
memahami konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar dengan
menggunakan konteks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di kelas VIII.
Lintasan belajar ini terdiri dari 5 aktivitas yaitu mengamati video interaktif Masjid
Agung Jawa Tengah untuk menemukan sifat-sifat bangun ruang sisi datar,
membuat jaring-jaring untuk setiap bangun ruang sisi datar menggunakan kertas
karton, menemukan luas permukaan dengan berbantu jaring-jaring bangun ruang
sisi datar, menentukan volume bangun ruang sisi datar dan menyelesaikan
masalah kontekstual berkaitan dengan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini
menggunakan design reserch. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Subjek penelitian adalah
siswa kelas VIII SMP Islam Moga. Pengumpulan data dilakukan melalui rekaman
video pembelajaran, observasi, wawancara dan catatan lapangan Hasil penelitian
menunjukan bahwa lintasan belajar yang diperoleh dapat membatu siswa dalam
memahami konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar.
Menemukan luas permukaan bangun ruang sisi datar yang diperoleh melalui
jaring-jaring dengan menjumlahkan setiap luas dari sisi-sisinya. Menemukan
volume kubus dan balok dapat diperoleh melaui susunan kubus satuan,
menemukan konsep dengan cara membandingkan volume balok dengan 2 volume
prisma dan menemukan konsep volume limas dengan membandingkan volume
kubus dengan volume kubus berongga limas.
Kata Kunci: Bangun ruang sisi datar, PMRI, MAJT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:35
Last Modified: 23 Oct 2024 07:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6368

Actions (login required)

View Item
View Item