ANALISIS KENDALA GURU DALAM SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN SEKABUPATEN BREBES PADA MASA PANDEMI COVID-19

KHOERUNNISA, - (2021) ANALISIS KENDALA GURU DALAM SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN SEKABUPATEN BREBES PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of khoerunnisa.pdf] Text
khoerunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perubahan pembelajaran dari tatap muka ke pembelajaran jarak jauh yang
secara tiba-tiba dan serentak ini tentu menimbulkan banyak kendala bagi
guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk
mengetahui kendala guru dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
pada pembelajaran Biologi di SMAN se-Kabupaten Brebes pada masa
pandemic COVID-19. Penelitian menggunakan metode kualitatif
deskriptif dengan menyebarkan angket online kepada guru. Populasi
dalam penelitian ini adalah guru Biologi SMAN se-Kabupaten Brebes
yang berjumlah 36 guru. Pengambilan sampel menggunakan total
sampling terdiri dari 36 guru. Instrumen yang digunakan berupa
kuesioner guru dalam perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, desain
dan
media
pembelajaran,
teknologi/aplikasi
pembelajaran,
dan
penilaian/evaluasi pembelajaran. Instrumen berupa kuesioner guru yang
digunakan telah divalidasi oleh peneliti dengan validasi ahli. Hasil
Penelitian menunjukan bahwa Kendala yang paling dominan kendala
dalam kategori sangat tinggi yaitu kendala perencanaan pembelajaran
jarak jauh (68%) Diikuti oleh kendala pelaksanaan dengan persentase (
62%) dengan kategori tinggi kemudian kendala penilaian dan evaluasi
dengan persentase (61%). Sementara kendala lain yaitu kendala desain
dan media sebesar 60% dengan kategori tinggi dan kendala
teknologi/aplikasi sebesar 60% dengan kategori tinggi.berdasarkan hasil
tersebut bahwa guru dalam sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih
mengalami kendala perencanaan, pelaksanaan, media dan metode,
teknologi/aplikasi, dan evaluasi/penilaian pembelajaran jarak jauh.
Kendala-kendala tersebut harus segera diatasi salah satunya untuk
mengatasi kendala dalam teknologi/aplikasi yaitu dengan mengganti
media pembelajaran lebih mudah digunakan yaitu Goggle Meet, atau
Zoom Meeting dimana kedua aplikasi tersebut sudah termasuk aplikasi
resmi yang didukung Kemendikbud dalam subsidi kuota internet.
Kata Kunci : Pandemi covid, Kendala, Pembelajaran Jarak Jauh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:31
Last Modified: 23 Oct 2024 07:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6363

Actions (login required)

View Item
View Item