PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS HOTS DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V TEMA 5

FAUZIAH, DWI INTAN JULIANA (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS HOTS DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V TEMA 5. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI-DWI INTAN JULIANA FAUZIAH-17120062.pdf] Text
SKRIPSI-DWI INTAN JULIANA FAUZIAH-17120062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

DWI INTAN JULIANA FAUZIAH. NPM 17120062. “Pengembangan LKPD
Berbasis HOTS dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V
Tema 5”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Arfilia Wijayanti S.Pd.,
M.Pd. Pembimbing II Ari Widyaningrum S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah upaya peningkatan
kualitas pendidikan melalui pengajaran di SD Negeri Pagejugan 03 Brebes. Hal
tersebut diperlukannya inovasi baru berupa LKPD berbasis HOTS untuk
menunjang kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam
pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar kelas V tema 5 yaitu tentang
“Ekosistem”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and
development). Pengembangan LKPD ini terdiri dari tujuh tahap yaitu: (1) Potensi
dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5)
Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk. Instrumen yang digunakan
adalah angket validasi ahli produk, angket validasi ahli materi, angket respon guru
dan siswa.
Hasil penelitian dan pengembangan LKPD yang dilakukan oleh peneliti
yaitu dari pengujian validasi oleh ahli produk dengan persentase sebanyak 97%
kategori “sangat baik”, ahli materi dengan persentase 96% kategori “sangat baik”,
dan sedikit mendapat saran/masukan yang diberikan oleh validator. Sehingga
LKPD berbasis HOTS dalam pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar kelas V
tema 5 bisa dinyatakan kualitasnya layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Hasil pengujian kualitas dan kelayakan yang dilakukan dari guru dan 20 siswa.
Didapatkan dari angket tanggapan guru dengan persentase 96% kategori “sangat
baik”, angket ketertarikan siswa rata-rata persentase sebanyak 97% dari 20 siswa
dengan kategori “sangat baik”.
Kesimpulan dari hasil pengembangan LKPD berbasis HOTS dalam
pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar kelas V tema 5 dinyatakan layak
sebagai alat bantu pembelajaran di SD Negeri Pagejugan 03 Brebes.
Kata Kunci : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, Higher Order Thinking
Skill (HOTS), Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:40
Last Modified: 23 Oct 2024 07:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6357

Actions (login required)

View Item
View Item