MARDLIYAH, ANIS AHYUNIL (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN SUBTEMA 3 MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI BATURSARI 3. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI-ANIS AHYUNIL MARDLIYAH-17120217.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ANIS AHYUNIL MARDLIYAH. NPM 17120217. “Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Daring Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 3 Memelihara
Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Kelas V SD Negeri Batursari 3 ”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
pengembangan perangakat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) dan media pembelajaran yang inovatif pada pembelajaran di masa pandemi ini
supaya dapat menunjang aktifitas pembelajaran secara jarak jauh. Siswa kurang
memahami konsep materi yang diberikan oleh Guru tanpa adanya media
pembelajaran yang menunjang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kevalidan
perangkat pembelajaran daring yaitu RPP dan Media Video Pembelajaran pada Tema
2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan
Manusia Kelas V SD N Batursari 3? 2) Bagaimana kepraktisan perangkat
pembelajaran daring bagi guru dan siswa pada Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan
Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia bagi peserta didik
kelas V SD N Batursari 3?. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat
pembelajaran daring yang layak dan praktis pada Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Daring Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 3 Memelihara
Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Kelas V SD Negeri Batursari 3.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau (Research and
Development) dengan menggunakan model ADDIE. Dengan melaksankan tahap
analisis kebutuhan, desain penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan
media, pengembangan perangkat dan melakukan validasi, melaksanakan uji coba
lapangan, dan melakukan evaluasi pada semua tahap yang dilakukan. Data yang
diperoleh melalui ahli rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), ahli media, ahli
materi, guru kelas dan siswa Kelas V. Teknik pengumpulan data berupa wawancara,
angket dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data berupa angket.
Hasil penilaian perangakat daring dinyatakan valid. Hal ini dibuktikan dengan
hasil uji validasi. Hasil validasi ahli RPP dilakukan secara 2 tahap dihasilkan
presentase 97,72% dengan kategori “Sangat Layak”. Pada validasi ahli media
dihasilkan presentase 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Pada validasi ahli materi
dihasilkan presentase 96,67%. Hasil perangkat pembelajaran RPP dan Media video
dikatakan praktis. Hal ini dibuktikan pada uji coba lapangan dengan hasil tanggapan
guru sebesar 93,75% dengan kategori “Sangat Layak” dan tanggapan siswa sebesar
96,55% kategori “Sangat Layak”.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa hasil pengembangan
perangkat pembelajaran daring tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 3
memelihara kesehatan organ pernapasan manusia valid dan praktis digunakan sebagai
salah satu alternatif guru dalam proses mengajar siswa kelas V SD Negeri Batursari
3.alternatif guru dalam mengajar siswa kelas V SD Negeri Batursari 3.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6351 |