Lutfiana, Kemala Ainun (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Kemala Ainun Lutfiana.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa SMP dalam
menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV ditinjau dari kemampuan
matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
yang diambil adalah 3 siswa kelas VIII di SMP di salah satu sekolah menengah
pertama di Semarang semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang masing– masing
mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data
yang dilakukan yaitu hasil PTS (Penilaian Tengah Semester), tes kemampuan
pemahaman konsep matematika, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan
dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil tes
pemahaman konsep matematika dengan hasil wawancara. Analisis dikembangkan
berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika dengan memperhatikan
kemampuan matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis, subjek dengan
kemampuan matematika tinggi memiliki pemahaman konsep tinggi ditunjukan
dengan subjek dapat menyajikan kembali data atau informasi, dapat menentukan
solusi yang tepat, mampu membuat model matematika, dapat menyelesaikan
dengan langkah-langkah penyelesaian secara sistematis, dan bisa menyelesaikan
soal sampai pada penulisan jawaban akhir dengan lengkap dan benar. Subjek
dengan kemampuan matematika sedang juga memiliki pemahaman konsep sedang
ditunjukkan dengan subjek dapat menyajikan kembali data atau informasi, dapat
menentukan solusi yang tepat, dapat membuat model matematika, namun subjek
masih bingung dengan metode subtitusi itu seperti apa dan untuk menyimpulkan
hasil akhir belum ada. Subjek dengan kemampuan matematika rendah juga
memiliki pemahaman konsep rendah ditunjukkan dengan subjek masih
kebingungan dalam pengoperasian perkalian, subjek juga masih kebingungan untuk
menentukan solusi penyelesaian, dan untuk menyimpulkan hasil akhir belum ada.
Kata kunci : pemahaman konsep matematika, kemampuan matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:16 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6342 |