ANALISIS HUBUNGAN KULTUR SEKOLAH TERHADAP HASIL PENILAIAN AKHIR SEMESTER: STUDI KOMPARASI SDN 4 LENGKONG DAN SDN 1 LUWUNG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

UMMAH, DYAS ALAM FAUZUL (2021) ANALISIS HUBUNGAN KULTUR SEKOLAH TERHADAP HASIL PENILAIAN AKHIR SEMESTER: STUDI KOMPARASI SDN 4 LENGKONG DAN SDN 1 LUWUNG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DYAS ALAM FAUZUL UMMAH_16120299.pdf] Text
DYAS ALAM FAUZUL UMMAH_16120299.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

DYAS ALAM FAUZUL UMMAH. 16120299 “Analisis Hubungan Kultur Sekolah
Terhadap Hasil Penilaian Akhir Semester: Studi Komparasi SDN 4 Lengkong dan SDN
1 Luwung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2020. Pembimbing I Dr. Iin Purnamasari,
S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengeksplorasi kultur sekolah di SDN 4
Lengkong, (2) mengeksplorasi kultur sekolah di SDN 1 Luwung, (3) dan menganalisis
hubungan kultur sekolah terhadap hasil Penilaian Akhir Semester di SDN 4 Lengkong
dan SDN 1 Luwung Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Mixed
Method, yaitu penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif dalam satu
penelitian.
Peneliti
menggunakan
penelitian
deskriptif
komparatif,
peneliti
mendeskripsikan suatu fenomena kultur sekolah dengan keadaan yang terjadi
sesungguhnya di SDN 4 Lengkong dan SDN 1 Luwung Kecamatan Rakit Kabupaten
Banjarnegara dalam bentuk kalimat naratif sebagai penelitian deskriptif. Peneliti
mendeskripsikan mengenai hubungan kultur sekolah terhadap hasil Penilaian Akhir
Semester di SDN 4 Lengkong dan SDN 1 Luwung Kecamatan Rakit Kabupaten
Banjarnegara melalui metode kuantitaif dengan teknik analasis data korelasi. Untuk
mengetahui hubungan kultur sekolah terhadap hasil Penilaian Akhir Semester
menggunakan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji liniearitas. Subjek penelitian
adalah seluruh peserta didik kelas VI di SDN 4 Lengkong dan SDN 1 Luwung dengan
pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan perbedaan kultur sekolah yang
berbeda di SDN 4 Lengkong dan SDN 1 Luwung dalam nilai kedisiplinan dan nilai
budaya membaca dan terdapat hubungan yang pisitif dan signifikan, dari kultur tersebut
dapat mempengaruhi hasil Penilaian Akhir Semester di masing-masing sekolah. Maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan Kultur Sekolah terhadap Hasil Penilaian
Akhir Semester: Studi Komparasi SDN 4 Lengkong dan SDN 1 Luwung Kecamatan
Rakit Kabupaten Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:13
Last Modified: 23 Oct 2024 07:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6340

Actions (login required)

View Item
View Item