Vianjaya, Zulvina Rizka (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Skripsi_Zulvina Rizka Vianjaya_17310052.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah merupakan salah satu
kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa yang nantinya dapat bersaing pada
abad 21. Untuk melihat kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan dengan cara
memberikan suatu permasalahan bersifat menantang yaitu dengan memberikan
soal open-ended dalam pembelajaran matematika. Dalam menyelesaikan soal
open-ended membutuhkan strategi, strategi tersebut dapat dipengaruhi oleh gaya
kognitif visualizer dan verbalizer. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam menyelesaikan soal open-ended
ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X
MIPA 1 SMA Negeri 3 Rembang yang terdiri dari empat subjek dengan ketentuan
dua subjek bergaya kognitif visualizer dan dua subjek bergaya kognitif verbalizer.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner VVQ, tes tertulis, dan
wawancara. Hasil data tes tertulis dan wawancara selanjutnya dipaparkan dan
dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi metode. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh bahwa: (1) siswa
yang memiliki gaya kognitif visualizer yang sama memiliki strategi penyelesaian
yang berbeda dalam menyelesaikan soal open-ended. (2) siswa yang memiliki
gaya kognitif verbalizer memiliki kesamaan yakni cara siswa dalam
mengidentifikasi masalah cenderung menuliskan secara lengkap apa yang
diketahui dan yang ditanyakan dari permasalahan. Kedua siswa juga
mengimplementasikan dalam memberikan bukti penyelesaian cenderung
menggunakan kata-kata atau verbal.
Kata Kunci : Kemampuan Bepikir Kritis, Soal Open-Ended, Gaya Kognitif
Visualizer dan Verbalizer
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6337 |