ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DRILL DI KELAS III SD NEGERI KEMBANG 01 KABUPATEN PATI

MARIA, YENI AYU (2021) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DRILL DI KELAS III SD NEGERI KEMBANG 01 KABUPATEN PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_YENIAYUMARIA_16120240_PGSD_UPGRIS.pdf] Text
SKRIPSI_YENIAYUMARIA_16120240_PGSD_UPGRIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Yeni Ayu Maria. NPM 16120240. “Analisis Keterampilan Menulis Ringkasan
Melalui Metode Pembelajaran Drill di Kelas III SD Negeri Kembang 01 ”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah keterampilan menulis
ringkasan siswa yang rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurangnya minat
siswa, penguasaan kosakata, media dan strategi pembelajaran yang digunakan
kurang menarik, kurangnya kegiatan latihan menulis ringkasan, kurangnya rasa
percaya diri siswa untuk bertanya apabila mengalami kesuslitan. Solusi yang
ditawarkan oleh peneliti adalah supaya metode drill dijadikan sebagai salah satu
alternatif guru dalam meningkatkan keterampilan menulis ringkasan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana keterampilan menulis
ringkasan peserta didik kelas III melalui metode pembelajaran drill di SDN
Kembang 01. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk menganalisis
keterampilan menulis ringkasan peserta didik kelas III melalui metode
pembelajaran drill di SDN Kembang 01.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah
kelas III SDN Kembang 01 yang terdiri dari 23 siswa. Subyek penelitian adalah
14 siswa kelas III SDN Kembang 01 tahun pelajaran 2020-2021. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran drill
keterampilan menulis ringkasan di kelas III SDN Kembang 01 mengalami
peningkatan hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara dengan guru yang
mengatakan bahwa dengan metode drill siswa menjadi mudah memahami apa
yang dimaksud dengan ringkasan dan bagaimana cara menulis ringkasan dengan
benar. Pernyataan tersebut diperkuat dengan nilai keterampilan menulis siswa
yang meningkat yang dapat dilihat pada daftar nilai keterampilan menulis
ringkasan sebelum dan sesudah penerapan metode drill.
Kesimpulannya, bahwa melalui metode pembelajaran drill keterampilan
menulis ringkasan di kelas III SDN Kembang 01 meningkat. Berdasarkan hasil
penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya metode drill dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam meningkatkan keterampilan
menulis.
Kata kunci: keterampilan menulis ringkasan, metode drill

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:08
Last Modified: 23 Oct 2024 07:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6332

Actions (login required)

View Item
View Item