PEMBELAJARAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI PENDIDIKAN SENI DI SD

PURNANINGRUM, WARA (2021) PEMBELAJARAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI PENDIDIKAN SENI DI SD. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_WARA PURNANINGRUM_16120451.pdf] Text
SKRIPSI_WARA PURNANINGRUM_16120451.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

WARA PURNANINGRUM. NPM 16120451. “Pembelajaran Karakter
Cinta Tanah Air Melalui Pendidikan Seni di SD”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2020. Dosen pembimbing I: Ary Widyaningrum, S. Pd., M. Pd. Dosen
pembimbing II: Eka Sari Setianingsih, S. Pd., M. Pd.
Konteks penelitian ini adalah pendidikan seni yang ada baik didalam kelas
maupun diluar kelas mempunyai peran yang penting dalam rangka membentuk
karakter peserta didik. Yang dimaksud dalam hal ini adalah karakter cinta tanah
air. Pendidikan seni didalam kelas dilaksanakan melalui program yang dirancang
khsus oleh guru sedangkan yang diluar kelas dilaksanakan melalui kegiatan
ekstrakurikuler rebana.
Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pembelajaran Karakter
Cinta Tanah Air Melalui Pendidikan Seni di SDN Pasuruhan 2?. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran
karakter cinta tanah air melalui pendidikan seni di SDN Pasuruhan 02.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I-VI yang diambil 3 siswa perkelas,
dengan metode pengumpulan data secara wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pasuruhan 2 pada tahun ajaran 2020/ 2021.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari pembelajaran karakter
melalui pendidikan seni di SDN Pasuruhan 2 ini meliputi 2 kegiatan yaitu didalam
kelas dan diluar kelas. Kegiatan pembelajaran didalam kelas, karakter cinta tanah
air tampak setelah kegiatan berlangsung yaitu semakin tumbuh rasa cinta tanah
airnya karena guru membiasakan peserta didik untuk menggunakan bahasa yang
baik dan benar, serta bangga menggunakan produk dalam negeri. Hal ini sesuai
dengan indikator cinta tanah air menurut Daryanto dan Darmiatun. Kegiatan
diluar kelas yaitu kegiatan ekstrakurikuler rebana karakter cinta tanah air tampak
ketika peserta didik diberi kebebebasan untuk mengkreasikan gerakan sesuai
dengan budaya tempat tinggalnya. Hal ini sesuai dengan indikator cinta tanah air
yaitu mengagumi kekayaan budaya dan seni di Indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah supaya
pihak sekolah lebih meningkatkan lagi kegiatan pembelajaran karakter cinta tanah
air melalui pendidikan seni di SD dengan penambahan sarana dan prasarana serta
ekstrakurikuler bidang seni lainnya.
Kata kunci : Karakter, pendidikan seni, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:57
Last Modified: 23 Oct 2024 06:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item
View Item