PRISCILIA, KARIN DWI (2021) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS MANDIRI KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
KARIN DWI PRISCILIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
KARIN DWI PRISCILIA. NPM 16120485 “Hubungan Minat Belajar dan
Membaca Pemahaman Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Gugus
Mandiri Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.2021.
Aries Tika Damayani, S.Pd.,M.Pd., Henry Januar Saputra, S.Pd.,M.Pd.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah. Kurangnya minat
belajar siswa tentu menjadi masalah tersendiri terhadap hasil belajar siswa pada
muatan pembelajaran Matematika yang memang memiliki materi yang cukup sulit
dalam hal materi cerita matematika.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Adakah hubungan antara minat
belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Mandiri
Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati?, 2) Adakah hubungan antara membaca
pemahaman terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Mandiri
Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati?, 3) Adakah hubungan antara minat belajar
dan membaca pemahaman secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas V SDN Gugus Mandiri Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati?. Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji hubungan minat
belajar dan membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika siswa kelas V
Gugus Mandiri Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi. Populasi
penelitian ini adalah 136 siswa kelas V SDN Gugus Mandiri, dengan sampel
sebanyak 101 siswa menggunkan teknik pengambilan sampel cluster sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) terdapat hubungan positif dan
signifikansi minat belajar dan hasil belajar matematika, 2) terdapat hubungan
positif dan signifikansi membaca pemahaman dan hasil belajar matematika, 3)
terdapat hubungan positif dan signifikansi minat beljaar dan membaca
pemahaman secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara minat belajar dan membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan oleh peneliti
adalah Guru dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa
memiliki minat belajar yang lebih pada mata pelajaran Matematika dan sekolah
dapat meninjau kembali kelengkapan sarana untuk membaca siswa agar siswa
dapat berlatih untuk memahami isi dari cerita yang dibaca. Hal tersebut dapat
menungkatkan membaca pemahaman siswa dalam soal cerita pada mata pelajaran
Matematika.
Kata Kunci : Minat Belajar, Membaca Pemahaman, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:47 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6314 |