PROFIL KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK

Arisyanti, Dyah Ayu (2021) PROFIL KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Dyah Ayu Arisyanti-17310104.pdf] Text
Dyah Ayu Arisyanti-17310104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Representasi merupakan ungkapan dari gagasan-gagasan atau ide-ide
matematis yang ditampilkan siswa dalam upaya mencari solusi dari masalah
yang sedang dihadapinya sebagai hasil dari interprestasi pikirannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan multi
representasi dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa dengan gaya belajar
kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket gaya belajar, tes
representasi matematis, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa
kelas VIII B MTs Abadiyah Gabus. Subjek penelitian yaitu 2 siswa terdiri
dari 2 siswa gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
bahwa profil kemampuan multi representasi dalam menyelesaikan soal
cerita pada siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menyelesaikan soal
tes kemampuan multi representasi. Subjek dengan gaya belajar kinestetik
kurang mampu menggunakan representasi grafik atau gambar. Pada tahap
subjek mampu menuliskan langkah-langkah dengan menggunakan ekspresi
matematis. Pada tahap representasi kata-kata subjek mampu menggunakan
pada kesimpulan.
Kata Kunci: Representasi Matematis, Soal Cerita, Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:34
Last Modified: 23 Oct 2024 06:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6309

Actions (login required)

View Item
View Item