ROHMA, JIHAN MITHA AINUR (2021) KEEFEKTIFAN METODE MINDMAP BERBANTU MEDIA KONKRET PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG KELAS VI SD ISLAM DIPONEGORO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
JIHAN MITHA AINUR ROHMA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
JIHAN MITHA AINUR ROHMA. NPM 16120152. “Keefektifan Metode Mind
Map berbantu Media Konkret Pada Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang
Kelas VI SD Islam Diponegoro Mranggen”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Ervina Eka Subekti, S.Si.,M.Pd dan Mira Azizah, S.Pd.,M.Pd . Oktober. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
Matematika dan motivasi belajar siswa yang kurang aktif. Hal tersebut disebabkan
kurangnya pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh metode Mind
Map berbantu Media Konkret terhadap hasil belajar Matematika kelas VI materi
bangun ruang di SD Islam Diponegoro Kecamatan Mranggen Tahun Pelajaran
2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk Quasi
Eksperimental Design. Desain ini menggunakan 2 kelompok, yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas
VI SD Islam Diponegoro Kecamatan Mranggen Tahun pelajaran 2019/2020.
Sampel yang diambil adalah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa kelompok
eksperimen dan 15 siswa kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis yang diperoleh
menunjukkan bahwa hasil pretest antara kelompok eksperimen dan kelompok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:31 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6307 |