UTAMI, DWIYANTI NOVI (2021) IMPLEMENTASI BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA PANDEMI COVID-19 GURU KELAS SEKOLAH DASAR NEGERI PURWOREJO KECAMATAN RINGINARUM KABUPATEN KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DWIYANTI NOVI UTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
DWIYANTI NOVI UTAMI. NPM 17120242. “Implementasi Belajar Dari
Rumah Masa Pandemi Covid-19 Guru Kelas Sekolah Dasar Negeri Purworejo
Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021.
Dosen pembimbing I: Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. Dosen pembimbing II:
Drs.Suyitno YP, M.Pd.
Konteks penelitian ini Belajar dari Rumah (BDR) merupakan sebuah proses
pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa di rumah masing-masing. Hal
ini didukung dengan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman
Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran
Coronavirus Disease (Covid-19) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR)
selama darurat Covid-19 yaitu memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk
mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimanakah implementasi belajar dari
rumah dalam masa pandemi covid-19 guru kelas SD Negeri Purworejo?. Apa saja
kendala implementasi belajar dari rumah dalam masa pandemi covid-19 guru
kelas SD Negeri Purworejo?. Apa saja faktor pendukung implementasi belajar
dari rumah dalam masa pandemi covid-19 guru kelas SD Negeri Purworejo?
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
semua guru kelas I-VI, dengan metode pengumpulan data pengisian angket,
wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Purworejo
Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal pada tahun ajaran 2020/2021.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran daring
di SD Negeri Purworejo sudah terimplementasi dengan baik dan sesuai dengan
Surat Edaran nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman penyelenggaraan Belajar
Dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dengan peroleh jumlah
keseluruhan data hasil kuesioner sebesar 966,62% dan rata-rata P1-P15 yaitu
64,44% kategori setuju/baik (S/B). Guru kelas di SD Negeri Purworejo
mengalami kendala selama pelaksanaan belajar dari rumah. Dengan berdasarkan
perolehan rata-rata keseluruhan sebesar 152,21%. Faktor pendukung pembelajaran
daring antara lain; kerjasama orang tua mendampingi siswa belajar, sekolah
memfasilitasi wifi dan kuota bagi guru sebagai sarana untuk pemberian materi
kepada siswa.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah
perlunya kerjasama guru, siswa dan orang tua guna kelancaran proses
pembelajaran daring.
Kata kunci: Pembelajaran daring, Kendala, Faktor Pendukung
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:30 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6306 |