ARDIYANI, JIHAN CAESAR (2021) DESAIN DIDAKTIS PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
JIHAN CAESAR ARDIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
JIHAN CAESAR ARDIYANI. NPM 17120333. “Desain Didaktis
Pembelajaran Perkalian dan Pembagian untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi
Numerasi Siswa Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Bagus Ardi Saputro, S.Pd.,M.Pd. dan Pembimbing II Ervina
Eka Subekti, S.Si., M.Pd. 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran perkalian dan
pembagian yang belum sepenuhnya memusatkan kemampuan literasi numerasi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Proses pembelajaran perkalian dan
pembagian matematika belum sepenuhnya memusatkan kemampuan literasi
sehingga kemampuan literasi numerasi siswa SD masih kurang. 2) Bahan ajar atau
media yang belum
sepenuhnya
membantu guru dalam melaksanakan
pembelajaran perkalian dan pembagian dengan tetap memusatkan kemampuan
literasi dan numerasi di dalamnya. 3) Dapatkah desain didaktis pembelajaran
perkalian dan pembagian memfasilitasi kemampuan literasi dan numerasi siswa?
Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi hambatan belajar siswa dengan
menggunakan metode DDR pada siswa kelas VI SD N 3 Tamanrejo Tahun
Pelajaran 2020/2021 guna merancang desain didaktis perkalian dan pembagian
untuk memfasilitasi kemampuan literasi dan numerasi siswa.
Penelitian ini menggunakan metode DDR (Didactical Design Research).
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, angket, tes
dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif untuk menemukan gambaran
hambatan belajar siswa dan juga sejauh mana desain didaktis materi perkalian dan
pembagian mampu memfasilitasi kemampuan literasi numerasi siswa SD N 3
Tamanrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2020/2021.
Fokus analisis berdasarkan teori situasi didaktis, dan hasil analisis ini digunakan
untuk pengembangan desain didaktis awal. Peneliti menyusun antisipasi didaktis
pedagogis berdasarkan hambatan belajar yang telah teridentifikasi. Desain
didaktis yang telah dirancang tersebut diujicobakan pada siswa kelas VI SD N 3
Tamanrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal.
Hasil penelitian menunjukkan siswa masih mengalami beberapa hambatan
belajar pada materi perkalian dan pembagian yang dapat dilihat dari kesalahan-
kesalahan siswa dalam mengerjakan soal tes tertulis dan angket respon siswa,
hambatan tersebut yakni siswa masih kesulitan dalam berhitung (ontogenic
learning obstacle), siswa masih kesulitan dalam menentukan operasi hitung
perkalian maupun pembagian (ontogenic learning obstacle), siswa masih
kesulitan memahami maksud bacaan soal dan soal yang diberikan susah dipahami
oleh siswa (didactical learning obstacle), serta siswa tidak bisa menjawab soal
konsep perkalian maupun pembagian karena siswa tidak mampu menggunakan
proses yang tepat dalam menyelesaikan soal (epistimolgical obstacle). Selain itu
terciptanya suatu desain didaktis yang memuat 3 tahap situasi didaktis. Situasi
didaktis yang disusun memperhatikan aspek-aspek literasi numerasi. Prediksi
respon siswa serta antisipasi didaktis pun juga disusun sebagai upaya membantu
proses belajar lebih terarah. Desain didaktis alternatif yang dihasikan senantiasa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:28 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6304 |