ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI PENGKOL JEPARA

SOEHARYONO, JIEHAN NOERIL ISVYNA (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI PENGKOL JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of JIEHAN NOERIL ISVYNA SOEHARYONO.pdf] Text
JIEHAN NOERIL ISVYNA SOEHARYONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

JIEHAN NOERIL ISVYNA SOEHARYONO. NPM . 17120046
.“Analisis Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi
Covid-19 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV SD Negeri Pengkol
Jepara”. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang,2021
Konteks Penelitian yang mendorong penelitian ini adanya pandemic
covid-19 mengakibtkan pemerintah memberlakukan pembelajaran jarak jauh
sehingga terjadi perubahan pada pendidikan Bahasa Inggris,sehingga penggunaan
media online yang digunakan apakah efektif pada pembelajaran daring pada mata
pelajaran Bahasa Inggris.
Fokus Penelitian ini adalah apakah pembelajaran daring menggunakan
media online pada pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pengkol Jepara sudah
berjalan efektif? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
menganalisis pembelajaran daring menggunakan media online pada pelajaran
Bahasa Inggris di SD Negeri Pengkol Jepara.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Bahasa Inggris Kelas IV, Orang tua
dan siswa kelas IV SD Negeri Pengkol Jepara. Teknik pengumpulan data berasal
dari observasi. wawancara, dan angket/kuesioner.
Hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh bahwa
pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media online yaitu whatsapp
efektif karena mudah digunakan dan dapat diakses/terjangkau serta sesuai dengan
indikator efektivitas pembelajaran yaitu : 1) Ketuntasan belajar 2) Respon siswa
aktif 3) Keterlaksanaan sintaks pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Inggris sebaiknya
peserta didik mulai berdaptasi dengan proses pembelajaran daring, peserta didik
mulai beradaptasi belajar menggunakan smartphone atau laptop untuk proses
belajar mengajar dan mulai beradaptasi dengan materi pelajaran Bahasa Inggris
yang disampaikan guru.
Kata kunci : Pembelajaran Daring , Media Online , Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:25
Last Modified: 23 Oct 2024 06:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6301

Actions (login required)

View Item
View Item