MULYANINGSIH, DWI (2021) PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DWI MULYANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan
masalah matematika ditinjau dari kecerdasan emosional. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih
berdasarkan tes kecerdasan emosional yaitu 2 siswa dengan kecerdasan
emosional tingkat tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan emosional tingkat
sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan emosional tingkat rendah kelas XI
SMA Negeri 2 Pemalang yang dipilih berdasarkan hasil tes kecerdasan
emosional dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu
tes kecerdasan emosional, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan hasil
informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil tes dan
wawancara 1) Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi memenuhi semua
indikator yaitu memahami masalah (understand the problem), membuat
rencana (devise a plan), melaksanakan rencana (carry out the plan), melihat
kembali (looking back) 2) Siswa dengan kecerdasan emosional sedang
memenuhi semua indikator yaitu memahami masalah (understand the
problem), membuat rencana (devise a plan), melaksanakan rencana (carry out
the plan), melihat kembali (looking back) 3) Siswa dengan kecerdasan
emosional rendah hanya memenuhi 3 indikator yaitu membuat rencana
(devise a plan), melaksanakan rencana (carry out the plan), melihat kembali
(looking back).
Kata Kunci : Profil, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pemecahan
Masalah Matematika, Kecerdasan Emosional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6294 |