PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PEDAGANG KAKI LIMA DI KECAMATAN DEMAK

Mufarikhah, Dwi (2021) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PEDAGANG KAKI LIMA DI KECAMATAN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Dwi Mufarikhah.pdf] Text
Dwi Mufarikhah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dwi Mufarikhah “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar
Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Pedagang Kaki Lima
Di Kecamatn Demak”, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahgaraan, Universitas PGRI Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh orientasi
kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing; (2) Untuk mengetahui pengaruh
orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing; (3) Untuk mengetahui pengaruh
orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran; (4) Untuk mengetahui
pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran; (5) Untuk mengetahui
pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 241 responden dengan jumlah sampel 150. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling incidental. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi jalur dengan analisis
jalur dengan alat bantu software SPSS (Statictical Product and Service Solution)
versi 20, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih
dahulu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Orientasi kewirausahaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing; (2) Orientasi
pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing; (3)
Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran; (4) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran; (5) Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja pemasaran PKL di Kecamatan Demak. Dari analisis jalur bahwa orientasi
kewirausahaan lebih efektif melalui variabel keunggulan bersaing, dibandingkan
dengan orientasi kewirausahaan secara langsung terhadap kinerja pemasaran.
Sedangkan variabel lainnya, keunggulan bersaing tidak efektif sebagai variabel
intervening. Hasil nilai tabel Model Summary nilai Ajusted R Square (koefisien
determinasi) = 0,973 atau 97,3%. Ini berarti bahwa kinerja pemasaran dijelaskan
oleh variabel orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan keunggulan bersaing
sebesar 97,3%. Dan sisanya sebesar 2,7% dijelaskan variabel lain diluar model
penelitian misalnya inovasi produk, dukungan partner, kapabilitas pemasaran, dan
lain-lain.
Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Oriwntasi Pasar, Keunggulan
Bersaing, Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:10
Last Modified: 23 Oct 2024 06:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6293

Actions (login required)

View Item
View Item