MAWARINI, DWI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS V SD N 2 PILANG KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DWI MAWARINI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
DWI MAWARINI. NPM 17120373. “Pengaruh Model Pembelajaran Project
Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Ruang
Kubus Dan Balok Kelas V SD N 2 Pilang Kabupaten Blora”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Fajar Cahyadi, S.Pd, M.Pd. Intan
Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Oktober. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok serta penggunaan metode
dan media yang digunakan oleh guru.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh model
pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas V SD Negeri 2 Pilang Kabupaten Blora pada materi kubus dan balok?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika
siswa pada materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran
Project Based Learning di kelas V SD Negeri 2 Pilang Kabupaten Blora.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk pre-
Experimental Design yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Shot Case Study
Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Pilang
Blora tahun 2021/2022. Sampel yang diambil adalah 17 siswa kelas V dengan
menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk Sampling Jenuh. Data
dalam penelitian diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil analisis pretest menunjukkan Lo< Ltabel (0,152 < 0,206) sedangkan
hasil analisis posttest menunjukkan Lo<Ltabel (0,101 < 0,206). Kesimpulannya
sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Berdasarkan analisis uji t
diketaui thitung >ttabel (33 > 2,11991). Disimpulkan terdapat perbedaan antara nilai
rata-rata pretest dengan nilai rata-rata posttest. Ditunjukkan uji normalitas N-
Gain, diperoleh hasil g ≥ 0,7 yang termasuk kategori tinggi. Kesimpulannya
adanya peningkatan kemampuan siswa setelah diterapkan model Project Based
Learning. Diperoleh hasil ketuntasan belajar klasikal posttest >KKM (88%>70%)
yang artinya tuntas. Kesimpulannya melalui penerapan model pembelajaran
Project Based Learning efektif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis
data nilai korelasi regresi linier sederhana yang didapatkan antara variabel X dan
Y adalah 0,915 yang artinya masuk kategori sangat kuat. Kesimpulannya hasil
belajar memiliki pengaruh terhadap model Project Based Learning. Berdasarkan
perhitungan koefisien determinasi, diperoleh R² = 0,8381. Dapat disimpulkan
bahwa pengaruh Model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa
sebesar 83,81% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
dalam melaksanakan proses belajar mengajar hendaknya guru menggunakan
model pembelajaran yang tepat dan bervariasi agar siswa menjadi lebih aktif dan
antusias terhadap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:07 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:07 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6292 |