SANDIKA, VIERY DAVID (2021) ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PEDURUNGAN KIDUL 02. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Skripsi_VIERY DAVID SANDIKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian di latar belakangi oleh kurangnya kesadaran oran tua akan
pentingnya memberikan pola asuh yang efektif terhadap anak yang
berpengaruh pada hasil belajar siswa yang diperoleh di sekolah. Ada beberapa
permasalahan yang didapat dalam penelitian ini yaitu pola asuh yang
diterapkan oleh orang tua siswa dan hasil belajar yang didapat oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua
terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Pedurungan Kidul 02. Berdasarkan
dari permasalah tersebut jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif
dengan pendekatan deskriptif presentase.subyek penelitian adalah orang tua
dan siswa kelas IV SDN Peduruan Kidul 02. Teknik pengumpulan data
menggunakan obsevasi, wawancara, angket dan dokumentasi. hasil penelitian,
peneliti menemukan tiga pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa sesuai
dengan fokus penelitian yaiu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, pola
asuh permisif. Pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua,
menyusul pola asuh otoriter dan pola asuh permisif.Hasil belajar siswa sudah
cukup memuaskan. Terbukti bahwa 47% siswa sudah mempunyai hasil belajar
yang sangat baik dan 53% memiliki hasil belajar yang baik. Kesimpulan dari
penelitian ini pola asuh oran tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Pola asuh orang tua, Hasil belajar siswa, Pengaruh Pola asuh
orang tua terhadap Hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:56 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6288 |