SULIKHIN, DWI APRIANA NUR (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMBA (RUMAH BELAJAR ANAK) BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 EKOSISTEM SUBTEMA 1 KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DWI APRIANA NUR SULIKHIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21MB)
Abstract
DWI APRIANA NUR SULIKHIN. NPM 17120096. “Pengembangan Media
Pembelajaran Rumba (Rumah Belajar Anak) Berbasis Android Pada Pembelajaran
Tema 5 Ekosistem Subtema 1 Komponen Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Rofian, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing II Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya konsentrasi
siswa kelas lima pada saat proses pembelajaran berlangsung, siswa suka bermain
sendiri dan berbicara dengan temannya saat proses pembelajaran. Oleh karena itu
guru dan siswa membutuhkan adanya media pembelajaran yang menarik, kreatif,
inovatif dan dapat bertahan lama.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik
media pembelajaran Rumba (Rumah Belajar Anak) berbasis android pada tema 5
ekosistem subtema 1 komponen ekosistem kelas V sekolah dasar?, 2) Bagaimana
kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran Rumba (Rumah Belajar Anak)
berbasis android pada tema 5 ekosistem subtema 1 komponen ekosistem kelas V
sekolah dasar? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui karakteristik media pembelajaran Rumba (Rumah Belajar Anak)
berbasis android pada tema 5 ekosistem subtema 1 komponen ekosistem kelas V
sekolah dasar dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran
Rumba (Rumah Belajar Anak) berbasis android pada tema 5 ekosistem subtema 1
komponen ekosistem kelas V sekolah dasar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau
Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution).
Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah dasar yaitu SDN Pranti, SDN
Bogorame dan SDN 4 Kutoharjo Rembang yang dilakukan pada tanggal 01 Juli
2021, 08 Juli 2021 dan 12 Juli 2021.
Berdasarkan pengembangan yang dilakukan, karakteristik yang dihasilkan
dari media pembelajaran Rumba (Rumah Belajar Anak) berbasis android yaitu
media pembelajaran ini bertahan lama, memiliki tampilan desain yang menarik,
mempermudah siswa dalam memahami materi dan media ini dapat digunakan
kapanpun dan dimanapun. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase
83,75%. Sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh presentase 86,5%. Dari
hasil penilaian angket respon guru memperoleh presentase 98,66%. Hasil angket
respon siswa memperoleh presentase 98%. Kesimpulannya bahwa media
pembelajaran Rumba (Rumah Belajar Anak) berbasis android pada pembelajaran
tema 5 ekosistem subtema 1 komponen ekosistem kelas V sekolah dasar termasuk
dalam kategori “Sangat Baik” dan memenuhi kriteria valid dan praktis.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu media
pembelajaran Rumba (Rumah Belajar Anak) berbasis android dapat digunakan
guru dan siswa sebagai salah satu alternatif media pembelajaran di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:37 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6273 |