Prabawati, Diyah Ayu Shinta (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI SELF– REGULATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE MATERI GEOMETRI KELAS VIII SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DIYAH AYU SHINTA PRABAWATI_14310165.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan aspek penting yang harus
dimiliki siswa. Banyak guru di sekolah dasar atau menengah masih kurang
memperhatikan kemampuan ini. Dengan mengetahui kemampuan berpikir kritis
siswa, guru memperoleh wawasan yang luas tentang potensi dan bakat yang
dimiliki siswa-siswinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
pembelajaran dengan model SSCS efektif terhadap kemampuan berpikir kritis
matematis siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dan untuk mengetahui
bagaimana deskripsi kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self
regulated leaning.
Penelitian ini adalah penelitian kombinasi (mixed methods). Pengumpulan data
dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengumpulan data kuantitatif dan data
kualitatif. Untuk data kuantitatif diperoleh dari hasil nilai posttest. Untuk data
kualitatif diperoleh dari hasil wawancara sebanyak 2 siswa dari masing-masing
kategori self regulated learning.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan berpikir kritis matematis
siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal; (2) persentase
ketuntasan belajar pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas
eksperimen lebih dari persentase siswa kelas kontrol; (3) rata-rata hasil tes
kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih dari rata-rata
siswa kelas kontrol; (4) siswa regulation of cognition mempunyai kemampuan
berpikir kritis matematis baik pada setiap tahap; (5) siswa regulation of motivation
pada tahap klarifikasi dan asesmen terklasifikasi baik, terklasifikasi cukup pada dua
tahap lainnya; (6) siswa regulation of behavior terklasifikasi baik pada tahap
klarifikasi, cukup pada tahap asesmen, dan kurang pada dua tahap lainnya.
Kata kunci : kemampuan berpikir kritis matematis, SSCS, self regulated learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6262 |