AMALIYANA, AMALIYANA (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN SUNDA MANDA PADA ANAK KELOMPOK B DI KELOMPOK BERMAIN SITI HAJAR KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DINNA AMALIYANA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dinna Amaliyana (NPM. 18156080). “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Motorik Kasar Melalui Bermain Sunda Manda Pada Anak Kelompok B Di
Kelompok Bermain Siti Hajar Karanganyar Kabupaten Demak Semester I Tahun
Pelajaran 2020 / 2021. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi
Prasetyawati D.H, S.Pd, M.Pd
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
kemampuan motorik kasar anak, penggunaan bermain sunda manda belum
dilaksanakan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan motorik kasar anak melalui bermain sunda manda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penggumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 25 anak Kelompok B di Kelompok Bermain Siti Hajar Karanganyar
Kabupaten Demak Semester I Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Dari hasil akhir
dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan
motorik halus dengan capaian berkembang sangat baik anak pada siklus I dengan
hasil rata-rata sebesar 20% dan siklus II ada peningkatan yang signifikan menjadi
84% indikator kerja tercapai. Hasil hipotesis yang berbunyi kemampuan motorik
kasar anak meningkat melalui bermain sunda mandapada anak Kelompok B
Kelompok Bermain Siti Hajar Karanganyar Kabupaten Demak Semester I Tahun
Pelajaran 2020 / 2021. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui bermain sunda manda
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
guru lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan
minat belajar anak didik. Selain itu hendaknya orang tua memantau perkembangan
anak khususnya perkembangan motorik kasar anak. Hendaknya guru dan orangtua
dalam memberi pembelajaran pada anak khususnya pada aspek kemampuan
motorik kasar, pendidik dan orangtua seharusnya memberikan kebebasan anak
untuk bergerak dan memberikan pengalaman dan pengetahuan dalam
mengembangkankemampuan motorik kasar khususnya keseimbangan, kekuatan,
dan kelincahan.
Kata Kunci : Motorik Kasar, Sunda Manda,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6250 |