Hartato, Jarot Rud (2021) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Jarot Rudi Hartato_NPM 16310045.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis profil atau gambaran mengenai
kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari gaya belajar dan
kepercayaan diri. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Subjek
penelitian yaitu 9 siswa SMK Bhakti Praja Dhukuwaru kelas X TKJ I 3 siswa
gaya belajar Visual, 3 siswa gaya belajar auditorial, 3 siswa gaya belajar
kinestetik dengan kategori tingkat percaya diri rendah, sedang, tinggi. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner angket gaya belajar dan tingkat
percaya diri, tes kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah
matematika kontekstual, dan instrumen wawancara. Teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Data dianalisis berdasarkan
kategori berpikir kritis (Clarification, Assesement, Inference, Strategies). Hasil
analisis tes kemampuan berpikir kritis dari 9 subjek, menunjukkan bahwa gaya
belajar dan kepercayaan diri mempengaruhi kualitas berpikir kritis matematis
seorang siswa.
Kata kunci : berpikir kritis, pemecahan masalah matematika kontekstual, gaya
belajar, dan percaya diri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:16 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6249 |