Putri, Dini Santika (2021) ANALISIS MOTIVASI SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN SCIENCE MOTIVATION QUESTIONNAIRE (SMQ) II PADA SISWA KELAS X SMA/MA DI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Dini Santika Putri.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi
sains siswa pada pembelajaran fisika kelas X SMA/MA di Kota Semarang
menggunakan Science Motivation Questionnaire (SMQ) II. Metode analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Sampel
dalam penelitian ini yaitu 357 siswa kelas X di 15 dari 75 SMA/MA yang ada di
Kota Semarang dengan teknik sampling proportionat stratified random sampling.
Teknik pengumpulan data secara daring menggunakan metode angket berupa
kuesioner pada googleform dan secara luring menggunakan kuesioner pada kertas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat motivasi sains siswa kelas X
SMA/MA Kota Semarang masuk dalam kategori tinggi. Secara keseluruhan pada
masing-masing komponen motivasi sains memiliki perbedaan skor yang tidak
signifikan sehingga motivasi sains siswa hampir merata pada tiap komponen.
Komponen motivasi nilai memiliki skor tertinggi dengan 21,09% sedangkan
motivasi intrinsik mendapat skor teredah dengan 19%. Pada komponen efikasi diri
mendapatkan skor 19,94%, determinasi diri 19,96%, dan motivasi karier 20,08%.
Skor yang diperoleh tiap komponen tidak jauh berbeda antar komponen motivasi
sains. Motivasi sains masuk dalam kategori tinggi merupakan salah satu penyebab
kenaikan nilai UN SMA/MA Kota Semarang dibangdinkan tahun-tahun
sebelumnya.
Kata kunci: Pembelajaran Fisika, Motivasi Sains, SMQ II
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6242 |