KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA VISUAL KATER (KALENDER POSTER) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POSTER KELAS V SD ISLAM TUNAS HARAPAN SEMARANG

KUSUMANINGRUM, IZMIA (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA VISUAL KATER (KALENDER POSTER) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POSTER KELAS V SD ISLAM TUNAS HARAPAN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IZMIA KUSUMANINGRUM.pdf] Text
IZMIA KUSUMANINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Izmia Kusumaningrum. 15120155. “Keefektifan Model Pembelajaran Concept
Sentence Berbantu Media Visual terhadap Hasil Belajar Membuat Poster Kelas V Sambiroto
01 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Zainal Arifin, S.Pd., M.Hum dan Ervina Eka Subekti, S.Si,.
M.Pd. Desember 2020. 6 laki dan 18 perempuan dengan ketuntasan 25% sebanyak 6 siswa,
sedangkan yang tidak tuntas 75% sebanyak 18 siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain
Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis, diperoleh sebuah data bahwa siswa
kelas VD1 SD Islam Tunas Harapan Semarang memiliki keterampilan menulis dan kreatifitas
dalam membuat suatu karya seni yang kurang optimal. Kurang optimalnya hal tersebut dapat
dilihat dari nilai ulangan harian tema 3 subtema 2 siswa kurang dari KKM yang sudah
ditentukan yaitu nilai 65 dengan rata-rata kelas 63. Dengan jumlah siswa kelas VD1 yaitu 24
siswa terdiri dari 6 laki dan 18 perempuan.
Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan desain penelitian One-Group
Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang
berjumlah 24 siswa. Sampel yang diambil adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 24
siswa, dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis teknik sampling
jenuh. Nilai pemahaman konsep operasi hitung diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Hasil
penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji
lilliefors, analisis data akhir dengan uji t, uji N-Gain, dan ketuntasan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata pretest 44,17 sedangkan nilai
rata-rata posttest 79,17, pada analisis data akhir yang telah dilakukan perhitungan uji t
diperoleh > yaitu 8,77 > 2,064 maka hipotesis dapat diterima, dan perhitungan
dengan uji N-Gain diperoleh 62,69 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model
concept sentence berbantu media kater (kalender poster) dalam mata pelajaran tematik
muatan Bahasa Indonesia materi membuat poster ada perbedaan untuk meningkatkan hasil
belajar membuat poster pada siswa kelas V SD Tunas Harapan Semarang.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran concept sentence

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:51
Last Modified: 23 Oct 2024 03:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6231

Actions (login required)

View Item
View Item