AHSANTI, DINA (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA : META- ANALISIS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Dina Ahsanti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar fisika,
penguasaan konsep, kemampuan berpikir kiritis & kreativ, kemampuan
pemecahan masalah, dan hasil belajar afektiv siswa setelah penerapan model
problem based learning dalam pembelajaran fisika. Peneliti ini mengumpulkan 65
penelitian dan dari 65 penelitian tersebut yang bisa diambil datanya sejumlah 25
penelitian. 65 artikel terkait judul ini didapat dari pencarian melalui internet yang
berisi laporan skripsi, artikel yang dimuat di e-journal, database lanjutan seperti
Google Scholar, DOAJ, ERIC, Springer, Elsevier dan Research Gate. Dari 25
penelitian tersebut, peneliti mendapati 48 data terkait hasil belajar fisika siswa
setelah penerapam model problem based learning. Data yang diperoleh diolah
menggunakan software JASP untuk meta-analisis. Hasil penelitian yang
didapatkan yaitu: 1) hasil belajar fisika siswa kurang dari KKM karena zhitung dari
(-18.5325) < ztabel (1.96) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak; 2) penguasaan
konsep kurang dari KKM karena zhitung (-9,16334) < ztabel (1.96) yang berarti H0
diterima dan Ha ditolak; 3) kemampuan berpikir kiritis & kreativ kurang dari
KKM karena zhitung (-25.3425) < ztabel (1.96) yang berarti H0 diterima dan Ha
ditolak; 4) kemampuan pemecahan masalah lebih dari KKM karena zhitung
(18.0131) > ztabel (1.96) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima; dan 5) hasil
belajar afektiv kurang dari KKM karena zhitung (-36.826) < ztabel (1.96) yang berarti
H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model problem based
learning tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari beberapa hasil
belajar, model problem based learning hanya efektif untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Fisika, Meta-Analisis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:49 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6228 |