ANALISIS KEBERLANGSUNGAN USAHA SARUNG GOYOR DI ERA DIGITAL DESA WANAREJAN UTARA, KECAMATAN TAMAN, KABUPATEN PEMALANG

Wijanarko, Dimas (2021) ANALISIS KEBERLANGSUNGAN USAHA SARUNG GOYOR DI ERA DIGITAL DESA WANAREJAN UTARA, KECAMATAN TAMAN, KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DIMAS WIJANARKO.pdf] Text
DIMAS WIJANARKO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dimas Wijanarko, NPM 17220062 “Analisis Keberlangsungan Usaha Sarung
Goyor di Era Digital Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman, Kabupaten
Pemalang”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial
Dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
kondisi penurunan jumlah permintaan, peningkatan jumlah tenaga kerja dan
peniurunan jumlah produksi pada usaha sarung goyor di Desa Wanarejan Utara
Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan inovasi produk, implementasi
pemasaran dan persaingan dagang dalam keberlangsungan usaha sarung goyor di era
digital Desa Wanarejan Utara Pemalang. Pembahasan hasil penelitian dilakukan
dengan pedoman pada teori strategi dalam keberlangsungan usaha di era digital.
Metode penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data
dengan menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan langkah
pengumpulan data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian terdiri
dari 2 pemilik usaha (Bapak Warsono dan Bapak Suroto), 2 karyawan, 2 konsumen
dan 1 distributor produk sarung goyor. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) inovasi produk dalam segi
kualitas produk yang ditawarkan oleh para pengusaha berupa produk sarung goyor
menunjukan pengaruh yang positif terhadap tingkat kepercayaan dan minat beli
konsumen. Strategi inovasi produk pada penambahan varian produk menunjukkan
pengaruh yang tidak terlalu baik dibandingkan dengan produk sarung goyor yang jauh
memiliki jumlah permintaan yang banyak. 2) implementasi pemasaran produk sarung
goyor melalui 2 cara yaitu offline dan online, dimana cara yang paling berpengaruh
terhadap penjualan produk sarung goyor yaitu dengan cara offline. 3) persaingan
dagang produk sarung goyor agak sulit untuk dipasarkan di indonesia dikarenakan
harga yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan produk sarung yang lainnya
kecuali kalau konsumen benar-benar mengetahui produk sarung tersebut. Kesimpulan
dari penelitian ini bahwa inovasi produk, implementasi pemasaran dan persaingan
dagang dapat dijadikan upaya dalam keberlangsungan usaha sarung goyor di era digital
di Desa Wanarejan Utara Pemalang.
Kata kunci : inovasi produk, implementasi pemasaran, perssaingan dagang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:44
Last Modified: 23 Oct 2024 03:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6224

Actions (login required)

View Item
View Item