PROFIL BERPIKIR DIVERGEN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

ISTIQOMAH, - (2021) PROFIL BERPIKIR DIVERGEN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Istiqomah.pdf] Text
Istiqomah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan siswa berpikir divergen yang ditinjau dari Adversity
Quotient dalam menyelesaikan soal cerita materi keliling dan luas bangun datar. Berdasarkan tujuan,
penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif. Pengambilan data pada siswa kelas VIII dengan cara
purposive sampling. Subjek penelitian terdiri masing-masing 2 siswa AQ climber, AQ camper, AQ
quitter. Teknik pengumpulan data melalui angket ARP, tes berpikir divergen, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu data reduction, data display, dan
conclusion drawing/verification. Peneliti menggunakan alat bantu QSR NVivo 11 fitur Coding
Comparation Query untuk membantu mengolah dan menganalisis hasil data yang diperoleh.
Penelitian ini diperoleh rata-rata koefisien Kappa adalah 0,594088 berada diantara 0,40 hingga 0,75
maka reliabilias penelitian ini tergolong Fair To Good Agreement (Kesepakatan Cukup Baik). Hasil
dari penelitian menunjukan: (1) Siswa climber mampu menyelesaikan soal dengan baik, tidak
mudah putus asa menemukan jawaban lain, berani mengemukakan ide-ide yang ada dipikirannya,
mampu mengungkapkan pendapat yang dianggap benar dan berbeda (2) Siswa camper mampu
memahami maksud soal, kurang lancar mengemukakan gagasan dan mengembangkan ide-ide yang
ada dipikirannya, mudah puas dengan jawaban diperoleh, cenderung mengabaikan yang dapat
diraih. (3) Siswa quitter tidak dapat menyelesaikan cara yang ada dipikirannya, mudah menyerah
menghadapi kesulitan, tidak berusaha menyelesaian soal.
Kata Kunci: Profil Berpikir Divergen, Menyelesaikan Soal Cerita, Adversity Quotient.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:32
Last Modified: 23 Oct 2024 03:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6212

Actions (login required)

View Item
View Item