EFEKTIVITAS MODEL PjBL DALAM PEMBELAJARAN SISTEM SIRKULASI DARAH BERMUATAN SUSTAINABILITY TERHADAP MOTIVASI DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

-, Setiyowati (2021) EFEKTIVITAS MODEL PjBL DALAM PEMBELAJARAN SISTEM SIRKULASI DARAH BERMUATAN SUSTAINABILITY TERHADAP MOTIVASI DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_SETIYOWATI_17320080.pdf] Text
SKRIPSI_SETIYOWATI_17320080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model
PjBL ( Project Based Learning ) pada materi sistem sirkulasi darah bermuatan
sustainability berpengaruh terhadap motivasi dan peningkatan hasil belajar
kognitif siswa SMA N 2 Rembang. Jenis Penelitian ini adalah Pre-Eksperimen
dengan jenis One Group Pre-test Post-test Design. Jenis samplingnya yaitu
Purpossive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes
dan angket yang diberikan pada siswa. Untuk mengukur hasil belajar kognitif
siswa tes dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan atau yang disebut
pretest-posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data
kuantitatif dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian Kelas Xl MIPA 3
mendapat nilai N-Gain 0,49 barada dalam kategori sedang dan dan hasil uji paired
sampel t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka data pada
penelitian ini dapat dikatakan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif.
Dan kelas Xl MIPA 5 dengan nilai N-Gain 0,63 juga berada dalam kategori
sedang dan hasil uji paired sampel t test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0.000 <
0.05 maka data pada penelitian ini dapat dikatakan terdapat perbedaan rata-rata
hasil belajar kognitif. Dari hasil tersebut data pada penelitian ini dapat dikatakan
terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest ke posttest hasil belajar kognitif
siswa kelas MIPA. Dan memunculkan adanya ketercapaian motivasi belajar siswa
Xl MIPA 3 yaitu rata – rata persentase 76,5% Dan Xl MIPA 5 dengan
ketercapaian rata – rata persentase 64,7%. Maka dalam penelitian ini H1 diterima
dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas model
PjBL dalam pembelajaran sistem sirkulasi darah bermuatan sustainability terhadap
motivasi dan peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMA.
Kata kunci : Hasil Belajar, Motivasi, PjBL, Sustainability

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:32
Last Modified: 23 Oct 2024 03:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6210

Actions (login required)

View Item
View Item