EFFENDI, ISTIJAB DWI (2021) IMPLEMENTASI AKTIFITAS LITERASI TERHADAP MINAT BACA DAN KARAKTER SISWA SD SE GUGUS SULTAN AGENG TIRTAYASA KECAMATAN PATEBON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ISTIJAB DWI EFFENDI (15120286).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ISTIJAB DWI EFFENDI. NPM 15120286. “Implementasi Aktifitas Literasi
terhadap Minat Baca dan Karakter Siswa SD Se Gugus Sultan Ageng Tirtayasa
Kecamatan Patebon “. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2020.
Gerakan Literasi Sekolah dapat menjadi sarana mengenal,memahami, dan
ilmu yang didapatkan peserta didik di sekolah.Gerakan Literasi Sekolah juga
dapat menerapkan budi pekerti siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Gugus
Sultan Ageng Tertayasa Kecamatan Patebon ada 2 SD Negeri yang melaksanakan
kegiatan literasi setiap pagi yaitu SD N 1 Kebonharjo yang terletak di Jl. Masjid
Baitul Izzah, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal dan SD N 1 Wonosari yang
terletak di Jl. Raden Patah KM 5,5, Desa Wonosari, Kecmatan Patebon,
Kabupaten Kendal.
Bagaimana pelaksanaan kegiatan literasi di SDN gugus Sultan Ageng
Tirtayasa kecamatan Patebon. Bagaimana pelaksanaan kegiatan literasi terrhadap
minat baca dan karakter siswa SDN gugus Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan literasi di SDN
gugus Suktan Ageng Tirtayasa dan Mengetahui dampak kegiatan literasi terhadap
minat baca dan karakter siswadi SDN gugus Sultan Ageng Tirtayasa kecamatan
Patebon.
Penelitian ini menggunakan metode kualititatif. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu didapatkan dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV. Data
berupa hasil observasi dan wawancara.
Implementasi Gerakan literasi sekolah di SDN 1 Kebonharjo dan SDN 1
Wonosari sudah berjalan selama 1 tahun. Selama kurun waktu tersebut,
perkembanganya gerakan literasi sekolah di SDN 1 Kebonharjo dan SDN 1
Wonosari masih fluktuatif. Kegiatan ini didukung penuh oleh stakeholder yakni
kepala sekolah, guru, siswa, dan sarana prasarana yang dimiliki oleh kedua
sekolah tersebut. Minat baca siswa di SDN 1 Kebonharjo sebesar 79,75% dan
SDN 1 Wonosari sebesar 82,28% tergolong kriteria tinggi. Hal ini membuktikan
bahwa adanya Gerakan Literasi Sekolah yang dilakukan membawa dampak
positif, yaitu dapat menumbuhkan minat baca dan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:29 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6209 |