Permatasari, Dianita Ayu (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI BAKTERI BERMUATAN SUSTAINABILITY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI SUSTAINABILITY SISWA SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Dianita Ayu Permatasari.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
bermuatan sustainability pada materi bakteri untuk meningkatkan sikap peduli
sustainability siswa SMA Negeri 1 Singorojo. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKS, media powerpoint, dan lembar
evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and
Development. Metode Research and Development (R & D) ini terdiri dari 10
langkah prosedural, namun peneliti hanya melakukan langkah pengembangan
menggunakan 7 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain
produk, validasi dosen, revisi desain, uji coba produk dan uji coba pemakaian
sebab penelitian yang dilakukan masih bersifat dalam skala yang terbatas dan
tidak mencakup dalam penelitian yang lebih luas. Teknik pengumpulan data
melalui penilaian angket siswa menggunakan pretest-posttest control group.
Pengembangan perangkat divalidasi oleh ahli sustainability, ahli materi, ahli
media, dan ahli evaluasi. Penilaian yang diberikan oleh ahli sustainability pada
silabus sebesar 77,78%, RPP sebesar 76,47%, LKS sebesar 87,71%, ahli materi
sebesar 92,85%, ahli media sebesar 84,44%, dan ahli evaluasi memberikan
penilaian sebesar 90%. Hasil uji N-Gain sikap peduli sustainability pada kelas
kontrol menghasilkan nilai g = 0,12 dengan kriteria peningkatan rendah. Untuk uji
N-Gain pada kelas eksperimen menghasilkan nilai g = 0,32 dengan kriteria
peningkatan sedang. Uji Paired-Samples t-test, dari analisis diperoleh rata-rata
nilai pretest kelas eksperimen adalah 41,6897 dan posttest kelas eksperimen
adalah 43,7241 dengan Sig. (2-tailed) = 0,001, rata-rata nilai pretest kelas konrol
adalah 39,2414 dan posttest kelas kontrol adalah 40,0690 dengan Sig. (2-tailed) =
0,000. Pretest-posttest pada kelas eksperimen dan kelas control menunjukan ada
perbedaan signifikan dari hasil uji Paired-Samples t-test dengan Sig. (2-tailed) <
0,05. Uji Independent-Samples t-test diperoleh Sig. (2-tailed) = 0,002 dengan taraf
signifikansi 5%, maka nilai Sig <0,05. maka H0 ditolak dan Ha diterima,
sehingga dapat disimpulkan Penggunaan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Media pembelajaran, LKS dan Lembar Evaluasi) bermuatan sustainability pada
materi bakteri efektif untuk meningkatkan sikap peduli sustainability siswa.
Kata kunci : perangkat pembelajaran, sustainability , sikap peduli sustainability
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:20 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6199 |