ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA KELA

SAFITRI, DIANA NUR (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA KELA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Diana Nur Safitri.pdf] Text
Diana Nur Safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

DIANA NUR SAFITRI. NPM 16120120. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada
Materi IPA Kelas IV SD Negeri Sokopuluhan 02 Kabupaten Pati”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I : Arfilia Wijayanti,S.Pd.,M.Pd.
Pembimbing II: Ervina Eka Subekti,S.Si.,M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi karena terdapat siswa kelas 4 yang
mengalami kesulitan belajar IPA. Hal tersebut dikarenakan hasil belajar siswa
yang diperoleh belum maksimal.
Pemasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai kesulitan-kesulitan
belajar yang dialami siswa pada materi IPA di SDN Sokopuluhan 02. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami
siswa kelas IV SDN Sokopuluhan 02 pada materi IPA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian
yang mendiskripsikan temuan-temuan yang diperoleh dari lapangan. Subjek yang
diambil adalah 5 siswa kelas IV, Guru Kelas dan 3 wali murid SDN Sokopuluhan
02 tahun ajaran 2020/2021. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Interaktive Analysis Model.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa.
77% Siswa berkesulitan belajar dalam memahami materi yang disampaikan guru
dan kata-kata atau bahasa yang terdapat pada materi IPA. Pada materi tema 1 3.6
menerapkan sifat-sifat bunyi dan kaitannya dengan indera pendengaran dan pada
tema 3 yaitu 3.8 menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian
sumber daya alam di lingkungannya. Faktor yang berasal dari dalam diri siswa
(internal) yang mempengaruhi kesulitan belajar IPA diantaranya yaitu kondisi
mental yang emosional, minat siswa terhadap pembelajaran yang rendah, motivasi
belajar yang rendah, kebiasaan siswa saat pembelajaran.Faktor yang berasal dari
luar diri siswa (eksternal) yang mempengaruhi kesulitan belajar IPA diantaranya
yaitu kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa, suasana
rumah saat siswa belajar yang kurang kondusif, kondisi lingkungan tempat tinggal
siswa yang kurang mendukung budaya belajar, penyajian materi yang dilakukan
guru kurang menarik, pengunaan metode pelajaran yang kurang maksimal,
pengunaan media pembelajaran yang kurang maksimal dan sarana penunjang
pembelajaran yang kurang lengkap.
Dari penelitian ini diharapkan agar guru lebih mengetahui kesulitan-
kesulitan belajar yang dialami siswanya terutama pada materi IPA. Sehingga
dapat menemukan solusi atas kesulitan tersebut.
Kata kunci: Analisis Kesulitan Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:17
Last Modified: 23 Oct 2024 03:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6198

Actions (login required)

View Item
View Item