SA’ADAH, DIAN NAFILATUS (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DI SD KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Dian Safilatus.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
DIAN NAFILATUS SA’ADAH. NPM 16120141. “Pengembangan Bahan Ajar
pada Materi Bangun Datar Kelas IV berbasis Pendekatan Open-Ended untuk
Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa di SD Kota Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah bahan ajar yang
digunakan dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan penalaran siswa
di Sekolah Dasar?, 2) Bagaimanakah langkah pengembangan bahan ajar dengan
pendekatan open-ended yang dapat meningkatkan penalaran siswa di Sekolah
Dasar?, 3) Bagaimanakah kelayakan bahan ajar berbasis pendekatan open-ended
untuk meningkatkan penalaran siswa di sekolah dasar?. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah a) Mendeskripsikan temuan penggunaan bahan
ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar saat
ini, b) Mendeskripsikan langkah pengembangan bahan ajar dengan pendekatan
open-ended yang dapat meningkatkan penalaran siswa di Sekolah Dasar, c)
Mendeskripsikan hasil analisis kelayakan bahan ajar berbasis pendekatan open-
ended yang dapat meningkatkan penalaran siswa di Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yaitu
proses mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang
telah ada dan dapat dipertanggung jawabkan. Subyek penelitian yang terlibat yaitu
tiga guru kelas IV SD Negeri Sendangmulyo 03 Semarang. Pengumpulan data
didapat dari hasil penialaian validasi isi, validasi konstruk, dan uji coba lapangan
awal di SD Negeri Sendangmulyo 03 Semarang. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu deskriptif kualitatif.
Hasil analisis angket validasi isi pada tahap I mendapat rata-rata 77 dengan
kategori valid dan dapat digunakan, namun perlu revisi, sedangkan pada tahap II
mendapat rata-rata 90,6 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa
revisi. Hasil analisis angket validasi konstruk pada tahap I mendapat rata-rata 79,3
dengan kategori valid dan dapat digunakan, namun perlu revisi, sedangkan pada
tahap II mendapat rata-rata 85,3 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan
tanpa revisi. Hasil uji coba awal validasi isi mendapat rata-rata 92,3 dengan
kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi, sedangkan hasil uji coba
awal validasi konstruk mendapat rata-rata 84,6 dengan kategori sangat valid dan
dapat digunakan tanpa revisi.
Kesimpulannya pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan open-ended
mendapat kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Saran untuk
peneliti lanjutan dapat mengembangkan bahan ajar lebih dari satu pembahasan
atau materi yang berguna untuk penyempurnaan penelitian.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Open-Ended, Bangun Datar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6195 |