ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

KUSUMASARI, DIAN APRILIA (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DIAN APRILIA KUSUMASARI.pdf] Text
DIAN APRILIA KUSUMASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dian Aprilia Kusumasari. NPM 16120180. “Analisis Kesulitan Belajar
Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Drs. Kiswoyo, MM dan Ryky Mandar Sary, S.Pd.,
M.Pd. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak siswa
yang belum bisa mengerjakan soal perkalian. Sehingga peneliti ingin melihat lebih
dalam apa kesulitan belajar perkalian yang dialami oleh siswa dan faktor
penyebabnya. Hal ini menjadi daya tarik peneliti untuk mengetahui lebih lanjut.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apa kesulitan belajar
matematika yang dialami oleh siswa kelas III di SD Negeri Pandeanlamper 04
Semarang pada materi operasi hitung perkalian? (2) Apa faktor yang
menyebabkan kesulitan belajar matematika dalam operasi hitung perkalian pada
siswa kelas III di SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang? Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kesulitan belajar
matematika yang dialami oleh siswa kelas III di SD Negeri Pandeanlamper 04
Semarang pada materi operasi hitung perkalian dan menganalisis faktor yang
menyebabkan kesulitan belajar matematika dalam operasi hitung perkalian pada
siswa kelas III di SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif,
metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data
dokumen hasil pekerjaan siswa dan data hasil wawancara. Sumber data berasal
dari guru dan siswa kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang yang
berjumlah 10 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui (1)
tes, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1)
reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan data dan verifikasi.
Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa kesulitan belajar
perkalian yang paling dominan dialami oleh siswa yaitu kesulitan dalam
keterampilan perhitungan, kesulitan dalam penggunaan proses yang keliru dan
kesulitan dalam menentukan nilai tempat. Faktor paling dominan yang
menyebabkan kesulitan belajar perkalian yaitu faktor internal yang meliputi aspek
minat siswa terhadap pembelajaran dan aspek kebiasaan siswa saat belajar. Faktor
eksternal yang meliputi aspek perhatian orangtua terhadap kegiatan belajar siswa,
serta aspek kondisi sekolah dan ruang kelas.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang disampaikan kepada guru
adalah supaya membiasakan siswa untuk menghafal perkalian secara rutin.
Sebaiknya guru menjelaskan secara sederhana konsep dasar perkalian dan nilai
tempat yang mudah dipahami oleh siswa, agar siswa dapat mengerjakan dengan
cara bersusun. Pembelajaran perkalian sebaiknya lebih bervariasi dan
menyenangkan agar mudah diterima oleh siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:04
Last Modified: 23 Oct 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6184

Actions (login required)

View Item
View Item