AZIZ, ISMI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT-FIELD INDEPENDENT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ISMI AZIZ.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini
untuk mendisripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Kelas
VIII dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan gaya kognitif Field
Dependent (FD) dalam memecahkan masalah matematika materi SPLDV. Tingkat
Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) yang diamati berdasarkan penilaian
indikator kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan yaitu TKBK 0, TKBK 1, TKBK 2,
TKBK 3, dan TKBK 4. Subjek penelitian ini yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif
FD dan 2 siswa dengan gaya kognitif FI kelas VIII A MTs Miftakhul Khoirot.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengambilan
data dilakukan dengan tes Group Embedded Figures Test (GEFT), tes berpikir
kreatif, dan wawancara. Hasil analisis data sebagai berikut: 1) Kemampuan
berpikir kreatif siswa yang dimiliki subjek dengan gaya kognitif FD dalam
menyelesaikan soal cerita matematika yaitu TKBK 2 (Cukup kreatif) dan TKBK 3
(kreatif). Kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki subjek dengan gaya kognitif
FI dalam menyelesaikan soal cerita matematika yaitu TKBK 2 (cukup kreatif).
Kata Kunci: Gaya Kognitif Field Dependent, Gaya Kognitif Field
Independent, , Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:57 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6176 |