EFEKTIVITAS GURU PJOK DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI DAN SWASTA SEMARANG SELATAN

Maftuhin, Ridwan Ahmad (2021) EFEKTIVITAS GURU PJOK DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI DAN SWASTA SEMARANG SELATAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_RIDWAN AHMAD MAFTUHIN_16230321.pdf] Text
SKRIPSI_RIDWAN AHMAD MAFTUHIN_16230321.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ridwan Ahmad Maftuhin“efektivitas guru pjok dalam pembelajaran daring
mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri dan
Swasta Semarang Selatan”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Social dan Keolahragaan.
Universitas PGRI Semarang2021.
Penelitian ini dilator belakangi oleh,Sesuai surat Edaran no 4 Tahun 2020
tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran
Corona Virus Disease (Covid-19), pemerintah memberlakukan kebijakan kegiatan
belajar mengajar jarak jauh atau daring, yaitu dengan pembelajaran yang
memanfaatkan teknologi multimedia, pesan suara, email, video streaming online.
Menyikapi
tantangan
pandemi
covid
membuat
guru
dituntut
mampu
menggunakan tekologi, untuk memudahkan proses pembelajaran dan menggubah
kebiasaan pengajar seperti biasanya dengan media virtual.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA wilayah semarang selatan
yaitu SMA N 1 semarang, SMA N 11 Semarang, SMA sedes Semarang dan SMA
sultan agung Semarang.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara dengan guru-guru pjok, dan dokumentasi
Media yang digunakan saat melaksanakan pembelanjaran daring yang
umumnya dilakukan oleh para guru pjok adalah zoom namun tidak menutup
kemungkinan guru untuk tidak menggunakan aplikasi-aplikasi pendukung
lainnya. Seperti diketahui saat ini pembelajaran daring menghambat terlaksananya
beberapa materi karena tidak semua materi dapat diajarkan melalui pembelajaran
daring. Selain itu faktor keberhasilan pembelajaran daring ini didorong oleh minat
dan kemampuan siswa tersebut untuk terus belajar. Berkaitan dengan hal itu guru
pjok juga mempunyai beberapa kendala dalam terlaksananya pembelajaran daring
ini yang pertama jelas siswa dan guru yang merasa bosan dan jenuh apabila harus
berhadapan terus menerus dengan hp dan leptop selain itu permasalahan jaringan
atau koneksi internet juga menjadi hal yang paling umum karena tidak semua
daerah mendapatkan jaringan dengan lancar.
Kata Kunci :Efektivitas guru, PJOK, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:46
Last Modified: 23 Oct 2024 02:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6159

Actions (login required)

View Item
View Item