EFEKTIVITAS GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X SMK AL- ISHLAH PULOKULON TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Al Afnan, Dhulfigar Faiq (2021) EFEKTIVITAS GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X SMK AL- ISHLAH PULOKULON TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Dhulfigar Faiq Al Afnan.pdf] Text
Dhulfigar Faiq Al Afnan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)

Abstract

Telah berhasil dilakukan penelitian Efektivitas Google Classroom Sebagai
Learning Management System Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa SMK Kelas X SMK Al-Ishlah Pulokulon Tahun Pelajaran
2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Google
Classroom sebagai Learning Management System dalam pembelajaran Fisika
untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
metode True Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah
Pretest-Postest Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah
Cluster Random Sampling dan diperoleh sampel siswa kelas X-TKJ 2 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X-TKJ 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes tertulis dengan analisis hipotesis menggunakan t-Test: Two
Sample Assuming Equal Variance dan uji Gain Score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan platform Google
Classroom efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat
terlihat jumlah siswa yang berada di bawah nilai minimum KKM. Untuk pretest
jumlah siswa yang masih di bawah KKM sebanyak 23 siswa atau 71,875% dan
kelas kontrol sebanyak 25 siswa atau 75,758%. Setelah penggunaan Google
Classroom telah terjadi peningkatan untuk postest jumlah siswa yang masih di
bawah KKM sebanyak 6 siswa atau 18,75% dan kelas kontrol sebanyak 15 siswa
atau 45,45%. Perbandingan rata-rata postest kelas eksperimen yaitu 81,25 dan
kelas kontrol yaitu 71,303, dan setelah diuji menggunakan uji Gain Score tingkat
efektivitas berkategori sedang. Jadi dapat disimpulkan Google Classroom sebagai
Learning Management System efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa,
dengan tingkat efektivitas berkatogeri sedang.
Kata kunci : Efektivitas, Google Classroom, LMS, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:44
Last Modified: 23 Oct 2024 02:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6157

Actions (login required)

View Item
View Item