KURNIAWAN, DHONI (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN PASSING BAWAH MELALUI PERMAINAN 2 ON 2 DALAM EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMK N 2 BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DHONI KURNIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Dhoni Kurniawan.“Pengembangan permainan passing bawah menggunakan
metode 2 on 2 dalam ekstrakurikuler bola voli di SMK N 2 Blora”, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Olahraga. Universitas PGRI Semarang.
2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh jarang diberikannya materi tentang
bola voli, kurangnya modifikasi dalam pembelajaran penjas khususnya pada
materi bola voli, pembelajaran penjas yang membosankan. Permasalahan dalam
skripsi ini yaitu bagaimana bentuk model permainan bola voli dalam kegiatan
ekstrakurikuler bola voli di SMK N 2 Blora. Sedangkan tujuan penelitian ini
adalah untuk menghasilkan bentuk model permainan bola voli dalam kegiatan
ekstrakurikuler bola voli di SMK N 2 Blora.
Dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan permainan dari Brog
& Gall. (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan dari hasil
observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal,
(3) evaluasi ahli yaitu menggunakan ahli penjas dan ahli pembelajaran bola voli,
serta uji coba lapangan skala kecil (6 siswi), dengan menggunakan kuesioner dan
lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk . (5) uji coba
lapangan skala besar (20 siswi), (6) revisi produk akhir setelah melakukan uji
coba lapangan skala besar, (7) hasil akhir model permainan bola voli bagi siswi
yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMK N 2 Blora. yang
dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan skala besar. Populasi penelitian ini
adalah siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMK N 2
Blora. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase.
Dari data hasil penelitian, deskripsi presentase data evaluasi ahli yaitu, ahli
Penjas 95% (sangat baik), ahli pembelajaran bola voli 95% (sangat baik), dari uji
coba lapangan skala kecil didapat hasil kuesioner siswi rata-rata persentase
pilihan jawaban yang sesuai 67,4% (baik). Sedangkan untuk uji coba lapangan
skala besar didapat hasil evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 83% (baik), ahli
pembelajaran bola voli 95% (sangat baik). Dari uji coba lapangan skala besar
didapat hasil kuesioner siswa rata-rata presentase pilihan jawaban yang sesuai
83% (baik).
Berdasarkan data hasil penelitian yang sudah ada, saya sebagai alternatif
penyampaian materi bola voli, guru pendidikan jasmani di SMK N 2 Blora di
harapkan untuk menggunakan produk model permainan passing bawah melalui
permainan 2 on 2 terhadap siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola
voli di SMK N 2 Blora.
Kata kunci : Model permainan, bola voli, permainan 2 on 2
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:41 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6155 |