PENGARUH PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI LMS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA PADA KONSEP TERMODINAMIKA

Rafa, Dhiya Ulhaq (2021) PENGARUH PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI LMS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA PADA KONSEP TERMODINAMIKA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Dhiya Ulhaq Rafa.pdf] Text
Dhiya Ulhaq Rafa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu apakah terdapat pengaruh pemanfaatan google
classroom sebagai LMS terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMA pada konsep
Termodinamika, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan jenis quasi eksperimen yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota
Pekalongan dengan rancangan nonequivalent control group desain. Teknik pengambilan
sampel menggunakan nonpropability sampling dengan teknik purposive sampling. Adapun
sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas XI IPA, kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah 35 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa.
Instrument yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya sebanyak 20 soal tentang konsep termodinamika dan angket untuk mengetahui
tanggapan atau respon siswa terhaap motivasi belajar menggunakan google classroom. Teknik
analisis data pada penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data, uji
fisher untuk menguji homogenitas data, uji-t untuk menguji hipotesis dan normal gain untuk
mengetahui perbedaan prestasi belajar dan pemahaman siswa antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis di peroleh t-hitung sebesar 0,00
dengan derajat kebebasan (dk) = 70 dan harga t-tabel sebesar 2,03. Karena t- hitung < t-tabel
maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan
pembelajaran Fisika menggunakan google classroom terhadap prestasi belajar Fisika siswa
pada materi pokok termodinamika.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran Fisika Menggunakan Google Classroom

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:37
Last Modified: 23 Oct 2024 02:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6150

Actions (login required)

View Item
View Item