AFRISANDY, DHIKA (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING JENJANG SEKOLAH DASAR DI JAWA TENGAH. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DHIKA AFRISANDY NPM 14120260.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (928kB)
Abstract
DHIKA
AFRISANDY.
NPM.
14120260.
“Peningkatan
Hasil
Belajar
Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Jenjang
Sekolah Dasar di Jawa Tengah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak penelitian
tentang penerapan metode pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) di
Mata Pelajaran Matematika berdampak positif terhadap hasil belajar Matematika
pada peserta didik di Sekolah Dasar.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kategori
peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based
learning jenjang sekolah dasar di Jawa Tengah?; 2) Apakah faktor penghambat
peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem based
learning jenjang sekolah dasar di Jawa Tengah?; 3) Apakah faktor pendukung
peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem based
learning jenjang sekolah dasar di Jawa Tengah? dan 4) Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based
Learning jenjang sekolah dasar di Jawa Tengah? Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui model
pembelajaran problem based learning jenjang sekolah dasar di Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan studi dokumen atas hasil-hasil penelitian
sebelumnya. Pengumpulan data dengan menelusuri jurnal pada beberapa media
elektronik seperti digital library, internet, maupun koleksi jurnal perpustakaan.
Penelusuran jurnal dilakukan melalui Google Cendekia. Data yang dikumpulkan
adalah data yang berhubungan dengan rincian fokus penelitian yaitu model
pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar
Matematika jenjang Sekolah Dasar di Jawa Tengah. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peningkatan hasil belajar
matematika melalui model pembelajaran problem based learning jenjang sekolah
dasar di Jawa Tengah di kategorikan Tinggi; 2) Terdapat faktor penghambat
peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem based
learning jenjang sekolah dasar di Jawa Tengah yang memerlukan perhatian
pengambil kebijakan dan pelaksana; 3) Terdapat faktor pendukung peningkatan
hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem based learning
jenjang sekolah dasar di Jawa Tengah yang mutlak diperlukan oleh guru sebagai
pelaksana pembelajaran; 4) Peningkatan hasil belajar matematika efektif dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning jenjang sekolah dasar
di Jawa Tengah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:35 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6147 |