ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

RESSA FAJRIATUZ ZAHRO, RESSA FAJRIATUZ ZAHRO (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_RESSA FAJRIATUZ ZAHRO_17310026.pdf] Text
SKRIPSI_RESSA FAJRIATUZ ZAHRO_17310026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kesulitan belajar setiap siswa berbeda-beda sesuai dengan gaya belajar yang
dimiliki masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya
belajar siswa yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa
SMA Negeri 1 Bangsri kelas XII. Kemudian dipilih 3 siswa yang memiliki skor
analisis tertinggi pada masing-masing gaya belajar terdiri dari 1 siswa dengan gaya
belajar visual, 1 siswa dengan gaya auditorial, dan 1 siswa dengan gaya kinestetik.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kesulitan
belajar pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data
yang digunakan adalah triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah sebagai
berikut : (1) kesulitan belajar yang dimiliki siswa dengan gaya belajar visual yaitu
kesulitan belajar konsep dalam kemampuan memahami yang ditunjukkan kurang
lengkap dalam menuliskan rumus, (2) kesulitan belajar yang dialami siswa dengan
gaya belajar auditorial yaitu kesulitan belajar konsep dalam kemampuan mengingat
konsep, ditunjukkan dengan penulisan rumus yang tidak tepat, dan (3) kesulitan
belajar yang dialami siswa dengan gaya belajar kinestetik yaitu kesulitan belajar
konsep dalam kemampuan mengingat konsep, ditunjukkan dengan penulisan rumus
yang tidak tepat, selain itu juga kesulitan belajar prinsip ditunjukkan dalam
ketidakmampuan penguasaan dasar-dasar aljabar dan kesalahan dalam operasi
bilangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar visual,
auditorial, dan kinestetik mengalami kesulitan belajar konsep. Sedangkan pada
jenis kesulitan belajar verbal, siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan
kinestetik tidak mengalami kesulitan dalam memahami soal dengan bentuk cerita.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar; Gaya Belajar Visual; Gaya Belajar Auditorial;
Gaya Belajar Kinestetik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:32
Last Modified: 23 Oct 2024 02:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6143

Actions (login required)

View Item
View Item