ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DI MASA PANDEMI SISWA KELAS V SDN SUKORUKUN PATI

APRILLIA, DEWI (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DI MASA PANDEMI SISWA KELAS V SDN SUKORUKUN PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DEWI.pdf] Text
DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

DEWI APRILLIA. 17120232. “Analisis Pembelajaran Matematika Materi
Perbandingan Di Masa Pandemi Siswa Kelas V SDN Sukorukun Pati”. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas
PGRI Semaraang. Dosen Pembimbing 1 M. Yusuf Setia Wardana S.Pd., M.Pd
dan Dosen Pembimbing II Arfilia Wijayanti, S.Pd., M.Pd. 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya wabah ini pembelajaran
dilakukan secara online, hal ini menjadikan pembelajaran Matematika materi
perbandingan siswa kelas V yang dilakukan secara online terhambat. Rumusan
masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran online
matematika materi perbandingan dimasa pandemi siswa kelas V SDN Sukorukun
Pati? 2) Apa saja kendala yang dihadapi siswa kelas V SDN Sukorukun Pati pada
saat proses pembelajaran matematika materi perbandingan dimasa pandemi ini?.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran
online matematika materi perbandingan di masa pandemi siswa kelas V SDN
Sukorukun Pati. 2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa kelas V SDN
Sukorukun Pati pada saat proses pembelajaran matematika materi perbandingan di
masa pandemi ini.
Pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di SDN Sukorukun Pati tahun pelajaran
2020/2021. Subjek penelitian ini adalah guru sekaligus orang tua siswa kelas V
dan siswa kelas V. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara,
kuesioner/angket dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian
ini menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data berbagai sumber.
Hasil akhir pada penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran
matematika materi perbandingan yang dilakukan melalui whatsapp dan zoom
belum terlaksana dengan efektif, masih banyak siswa yang tidak paham mengenai
materinya dan hasil belajar siswa yang melampaui KKM 70 hanya 46%,
kemudian kendala yang dihadapi siswa kelas V pada saat mengikuti pembelajaran
ini yaitu berupa signal yang susah dan tidak ada jaringan internet, sehingga
menjadikan siswa terhambat dalam mengikuti pembelajaran online matematika
materi perbandingan serta menjadikan siswa ketinggalan materi yang disampaikan
guru yang mengakibatkan siswa tidak paham materinya dan hasil belajar siswa
banyak yang belum melampui KKM 70.
Saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya antara guru dengan orang
tua siswa bisa bekerja sama dengan tujuan mendiskusikan tentang belajar siswa
karena pembelajaran online ini siswa lebih banyak waktu untuk dirumah sehingga
peran orang tua di rumah ini sangat penting untuk pembelajaran online seperti ini,
dengan begitu guru dapat memantau kegiatan siswa selama dirumah dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:28
Last Modified: 23 Oct 2024 02:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6139

Actions (login required)

View Item
View Item